Tips Tradisional Menjaga Kecantikan – Kecantikan adalah sesuatu yang selalu didambakan oleh kaum wanita, banyak kaum wanita mengeluaran biaya dengan banyak pengorbanan demi sebuah kecantikan. Sepertinya memang kecantikan tidak bisa dilepaskan dengan dunia wanita. Wanita akan selalu mencari dan berusaha tampil cantik, memang itulah dunia wanita.

Tidak hanya pada jaman modern di abad 21 ini, dijaman dahulu pun menjaga kecantikan merupakan kebutuhan wanita. Pada jaman raja-raja kuno putri raja dan permaisuri pun tak luput dari usaha menjaga kecantikan. Bahkan seorang ratu mesir yang fenomenal Cleopatra selalu menjaga dan menemukan banyak ramuan-ramuan yang mempertahankan kecantikannya.

Ratu-ratu Jawa kuno juga mempunyai rahasia ramuan-ramuan tradisional yang mempunyai khasiat untuk menjaga kecantikan. Mulai dari wajah, kulit, rambut sampai menjaga kecantikan dari dalam bahwa bagian kewanitaan yang paling dijaga, juga mempunyai cara dan ramuan khusus yang terbuat dari bahan-bahan alami. Ramuan yang turun-temurun di wariskan dari generasi ke generasi dipercaya mempunyai kemampuan menjaga kecantikan wanita dari luar maupun dalam.

Dengan kemajuan teknologi dan perkembangan jaman, ramuan kecantikan sudah mengalami evolusinya dengan produksi masal. Ditemukannya ramuan-ramuan ciptaan manusia yang dapat membantu manusia untuk dapat menciptakan bahan yang dapat menjaga kecantikan dengan cara yang efektif. Terciptalah kosmetik yang saat ini selalu menemani sehari-hari wanita. Dan menjadi bagian dari aktivitas wanita. Menambah percaya diri dan menjadi sesuatu yang menjadi keharusan bagi wanita dalam bersosialisasi. Akan tetapi bukan berarti kita meninggalkan ramuan tradisional yang ternyata mempunyai khasiat dan layak untuk dicoba memberikan kecantikan lebih alami dari luar dan dalam.

Seperti apakah sebenarnya ramuan dan cara tradisional dalam menjaga kecantikan wanita, mari kita ulas beberapa cara dan tips kecantikan yang dilakukan leluhur kita dengan cara dan bahan-bahan alami.

Merawat Kecantikan Kulit dari Luar

  • Lulur Kulit dengan Tepung Beras

Lulur adalah cara tradisional yang sampai sekarang masih digunakan oleh kaun hawa. Hanya saja sekarang lulur dilakukan dengan bahan -bahan yang tidak alami. Lulur sudah banyak dilakukan dengan bahan yang sudah jadi, sehingga memudahkan untuk digunakan. Kita tidak perlu repot-repot untuk membuat dan menyiapkannya. Tapi bagaimana kalau lulur dapat kita lakukan dengan menggunakan ramuan tradisional seperti tepung beras.

Banyak dari kita mengira bahwa tepung beras hanya bisa dipakai untuk campuran membuat kue basah dan kue rumahan. Bagaimana kalau kita menggunakan sebagai lulur, tepung beras mempunyai kandungan vitain C dan vitamin E yang dapat memberikan khasiat bagi kulit. Seperti kita ketahui vitamin memberikan nutrisi pada kulit sehingga dapat memicu kulit untuk dapat menjaga peremajaan kulit. Dengan cara membuat tepung beras sendiri, akan memberi efek yang lebih baik dan alami. Tumbuk sampai halus beras pada alat penumbuk beras. Setelah itu, beri sedikit air sampai menjadi seperti cairan pasta. Oleskan pada semua kulit wajah dan tubuh secara merata. Kemudian biarkan sampai kering dan beberapa menit. Kemudian bersihkan dengan menggunakan air hangat.

Baca Juga  Tips Menghilangkan Rasa Kantuk Pada Saat Jam Kerja

Cara seperti ini telah banyak dipercaya menjaga kecerahan kulit dengan alami. Teknik lulur dengan ramuan tradisonal yang sederhana dan banyak kita temukan disekitar kita. Tidak ada salahnya Anda mencoba cara ini untuk menjaga kecantikan kulit alami Anda.

  • Dengan Air Susu

Mandi susu itulah mungkin yang sering kita dengar, bisa kita bayangkan apabila kita harus mandi susu. Berapa galon susu yang harus kita butuhkan dan berapa banyak biaya juga yang harus kita keluarkan. Tapi tak perlu khawatir dan tak perlu repot untuk mencari dan membeli susu agar dapat membasahi tubuh kita. Ada cara yang cukup sederhana dan sangat efisien. Mandi Susu adalah cara yang pernah dilakukan oleh ratu-ratu pada jaman dahulu. Dengan cara ini dipercaya dapat menjaga kecerahan dan kecantikan kulit.

Kandungan susu yang mempunyai banyak lemak dan protein akan membantu kulit kita untuk memperbaruhi kulit yang rusak. Dengan nutrisi alami yang di serap oleh jaringan epidermis kulit akan membuat jaringan kulit luar kita menjadi tampak segar.

Cara yang perlu kita lakukan sangat sederhana, kita tidak perlu mandi dengan galonan air susu untuk membasahi tubuh kita. Cara ini bisa kita gunakan agar menjaga kulit kita tampak lebih cerah. Siapkan handuk kecil kering, basahi handuk tersebut dengan cairan susu. Dan kemudian seka seluruh anggota tubuh dengan menggosokannya secara perlahan. Hal ini akan berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan meninggalkan kandungan pada susu sehingga mendorong sel kulit menggantikan dengan sel kulit yang baru. Lakukan dengan rutin dan berkala, lakukan dua atau tiga kali seminggu. Maka akan membantu mencerahkan warna pada kulit dan kulit tampak lebih segar. Terhindar dari kulit bersisik dan kering.

  • Merawat Wajah dengan Jeruk Nipis

Jeruk nipis mempunyai khasiat dan kandungan vitamin C alami yang tinggi, selain itu jeruk nipis juga mempunyai kandungan yang dapat merapatkan pori-pori pada kulit sehingga mencegah terjadinya iritasi dan menghaluskan permukaan kulit. Selain itu jeruk nipis juga mempunyai kemampuan memberikan nutrisi pada sel kulit mati sehingga dapat mendorong terjadinya pembentukan sel kulit baru.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan menyiapkan satu buah jeruk nipis. Kemudian belah jeruk nipis tersebut dan peras kedalam cawan untuk menampung airnya. Gunakan bantuan kapas untuk menyeka pada wajah dan bagian kulit lainnya. Lakukan secara merata.

  • Perawatan dengan Buah Apel

Kali ini buah apel yang biasa kita konsumsi untuk makanan pencuci mulut dapat kita gunakan untuk merawat wajah kita. Caranya cukup mudah yaitu dengan menghaluskan buah apel secukupnya dengan blender. Untuk kemudian apel tersebut di oleskan atau di gosok pada kulit hingga merata. Setelah merata diamkan beberapa menit dan basuh dengan air bersih setelah 25-30 menit. Lakukan hal-hal berikut ini dengan rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal

Baca Juga  Makanan Pencegah Kolesterol Tinggi

Merawat Kecantikan Kulit dari Dalam

  • Kunyit Asem

Kunyit Asem sudah di kenal sebagai minuman tradsional untuk kaum wanita, kunyit asem juga banyak memberikan manfaat bagi tubuh. Bahan rempah yang satu ini memiliki beberapa khasiat selain untuk kecantikan. Kunyit asem dapat berfungsi sebagai penetral racun dalam tubuh atau anti toksin. Mengatasi infeksi dalam tubuh, hal ini dikarenakan kandungan yang terdapat pada kunyit yang mempunyai sifat anti-inflamasi yang baik bagi tubuh untuk membantu pemulihan terhadap luka infeksi. Infeksi akibat luka bakar, kulit kemerahan akibat terpapar sinar matahari dan lain sebagainya. Untuk masalah kecantikan kunyit asem dipercaya dapat digunakan sebagai minuman diet bagi kaum wanita. Memperlancar siklus pada manstruasi atau datang bulan, mencerahkan warna kulit dan yang paling penting adalah memperlambat proses penuaan pada kulit. Salah satu manfaatnya adalah membantu membentuk perut dan menjaga kebugaran tubuh bagi kaum wanita.

Untuk mengkonsumsi jamu ini sangat mudah mempersiapkannya. Rebus kunyit yang sudah ditumbuk kedalam air sampai mendidih. Setelah mendidih masukkan asem kedalamnya. Untuk takaran kita bisa menggunakan perbandingan 2:1 untuk kunyit dan asem. Gunakan air secukupnya sesuai dengan kebutuhan kita. Agar minuman lebih bertahan lama, masukkan kedalam almari pendingin. Mengkonsumsi setiap hari ramuan ini sangat dianjurkan untuk membantu memelihara tubuh dan menjaga kecantikan dari dalam.

  • Kunci Sirih

Kali ini kecantikan yang akan didambakan kaum hawa, merupakan kecantikan dari dalam pada daerah intim kewanitaan. Daerah kewanitaan juga merupakan kecantikan alami yang harus dijaga. Ramuan kunci dan daun sirih ini akan menjaga daerah kewanitaan, mengurangi keputihan dan bau yang kurang sedap. Dan yang lebih menariknya lagi ramuan ini akan mengencangkan daerah kewanitaan. Untuk mengkonsumsi ramuan tradisional ini adalah cukup dengan menumbuk bahan rempah ini (kunci) dan memasukkannya kedalam air yang sedang direbus, setelah air panas masukkan daun sirih kedalamnya. Gunakan bumbu seperti garam dan gula secukupnya hindari penggunaan gula berlebihan agar rasa bertambah enak dan segar untuk dikonsumsi.

  • Uyup-uyup

Adalagi ramuan yang terbuat dari beberapa racikan bahan-bahan tradisional yaitu terdiri dari jahe, kencur, bangle, laos, kunir, temu lawak dan temu giring. Ramuan yang dipercaya dapat melancarkan asi pada wanita yang baru melahirkan ini juga mempunyai khasiat untuk menghilangkan bau badan.

  • Jamu Paitan

Dari namanya tentunya kita sudah membayangkan bagaimana rasanya. Memang benar, ramuan ini terbuat dari bahan-bahan rempah-rempah yang terkenal pahitnya. Minuman tradisional ini dipercaya dapat menghaluskan kulit wajah Karena menekan timbulnya jerawat. Jamu ini memang sedikit berbeda dengan yang lainnya akan tetapi khasiatnya memang bisa dikatakan luar biasa. Banyak orang-orang terdahulu yang mempunyai usia diatas 80 tahun Karena banyaknya mengkonsumsi jamu tradisional ini. Unuk menyiapkannya bahan-bahan yang harus disiapkan adalah sambiloto, temulawak, brotowali dan daun mimba ditambah juga temu ireng. Cara membuatnya yaitu dengan merebus air terlebih dahulu dan masukkan bahan-bahan yang sudah disiapkan kedalam air selagi air dalam proses untuk mendidih. Jangan lupa untuk menumbuknya terlebih dahulu agar kandungan dapat meresap kedalam kandungan air tersebut. Setelah mendidih tambahkan garam dan gula merah untuk sedikit menekan rasa pahit yang ada. Saring cairan tersebut untuk memisahkan ampas dengan sari pada jamu. Dan ramuan sudah siap untuk diminum.

  • Ramuan Kulit Manggis

Minuman yang satu ini tentunya akan membuat kita sedikit berpikir. Bahwa biasanya kita akan memakan buah manggis dan membuang kulitnya. Dan kita juga tahu bahwa kulit manggis mempunyai rasa yang kurang enak. Tapi tahukah Anda bahwa kulit manggis mempunyai khasiat yang luar biasa bagi anggota tubuh. Kulit manggis dapat mencegah penuaan dini, menghambat keriputnya kulit dan juga kulit manggis dapat menghaluskan kulit. Selain itu kulit manggis juga dapat mencegah dari radikal bebas dengan anti oksidan yang terkandung didalamnya. Dengan kulit manggis kita dapat tampak lebih muda dan terhindar dari senyawa racun yang masuk kedalam tubuh sehingga tubuh dapat lebih bugar.

Baca Juga  Cara Mengatasi Gigi Berlubang

Untuk merawat kecantikan dibutuhkan usaha dan minat yang tinggi. Karena kecantikan merupakan sesuatu yang tidak mudah untuk dipelihara. Sejatinya kecantikan yang luar biasa adalah kecantikan dari dalam atau biasa kita kenal dengan sebutan inner beauty. Tetapi kecantikan dari dalam saja tidak cukup walaupun kita tahu bahwa itulah kecantikan yang hakiki. Merawat dan menjaga tampilan luar adalah hal yang juga diperlukan untuk mewakili sebuah kecantikan dari dalam. Bukankah akan menjadi hal sangat special apabila wanita mempunyai dua hal tersebut. Kecantikan yang tampak dari luar dan kecantikan yang berasal dari dalam. baca juga 20 Manfaat Kulit Pisang Untuk Kesehatan