Tips jitu mengaplikasikan eye shadow untuk mata cantik – Mata adalah jendela hati. Segala sesuatu yang terkait dengan mata, tidak dapat kita sepelekan begitu saja. Bagi kaum perempuan yang menempatkan make up sebagai bagian dari kebutuhan sehari-hari, maka make up pada bagian mata adalah satu hal terpenting. Dari mulai pensil alis, concealer untuk menyembunyikan kantung mata, eye liner, maskara, lensa kontak dan eyeshadow.

Peran eyeshadow sangat penting dalam rangkaian make up mata kita. Kosmetik ini dapat membuat mata kamu terlihat lebih besar dan tajam, serta membantu membentuk kelopak mata. Selain itu ia juga mampu memberikan ketegasan bagi tema riasan kamu. Kamu jadi akan terlihat seksi dan fierce dengan make up mata smokey eyes, misalnya.

Karena itu, tekhnik mengaplikasikan eye shadow secara tepat dan efektif mampu membuat penampilan kamu menawan dan terlihat cantik. Mengaplikasikan eye shadow secara kurang tepat akan membuat riasan kamu berantakan, dan menimbulkan rasa tidak percaya diri. Selain itu cara yang benar dalam proses membubuhkan eyeshadow membuat kulit kelopak mata kamu terjaga kelembaban dan kesehatannya,

Untuk itu, diperlukan cara yang cukup jitu dalam mengaplikasi eye shadow pada kelopak mata kamu sehingga terlihat lebih menarik, cantik dan pas dengan acara yang akan kamu hadiri. Berikut ini adalah beberapa tips jitu untuk kamu para wanita dalam mengaplikasikan eye shadow

  • Eyeshadow Primer

Sebaiknya, sebelum kamu menggunakan eyeshadow jangan sampai melupakan eyeshadow primer. Sama dengan fungsi face primer, maka fungsi eyeshadow primer adalah untuk mempersiapkan mata untuk semua bahan atau produk yang akan kamu aplikasikan nantinya.

Produk yang ringan, creamy dan mudah menyerap ini berfungsi untuk menahan minyak alami sehingga eyeshadow tidak akan menggumpal nantinya. Produk ini juga dapat memperbaiki warna kulit mata kamu, eyeshadow menjadi lebih tahan lama, memperhalus lipatan atau garis pada kelopak mata, serta membuat warna lebih mudah dibaurkan. Apabila kamu tidak memiliki eyeshadow primer, maka face primer dapat juga kamu pergunakan untuk bagian mata.

Kebanyakan orang menyarankan untuk mempergunakan eyeshadow primer jika bagian kulit mata kita berminyak. Padahal, eyeshadow atau eye primer sangat diperlukan bagi semua jenis kulit. Hanya saja jika kamu memiliki kulit terutama bagian kelopak yang berminyak maka sangat disarankan agar kamu memilih eye primer yang sesuai dengan kulit kamu. Usapkan dan biarkan eye primer selama kurang lebih 2-3 menit sebelum langkah selanjutnya.

  • Eyeshadow Base
Baca Juga  Makanan Pencegah Kolesterol Tinggi

Langkah selanjutnya adalah membubuhkan eyeshadow base yang bersifat lebih padat daripada eye creamer. Fungsinya sama dengan foundation saat kamu akan memulai riasan wajah. Dapat dikatakan bahwa eyeshadow base bagaikan kanvas kosong yang siap dilukis. Ia dapat warna eyeshadow yang kamu gunakan menjadi lebih cerah. Selain itu, jika kamu perlu menggunakan shimmer atau glitter, maka kedua bahan ini akan lebih mudah menempel jika kamu menggunakan eyeshadow base terlebih dahulu.

Jika kamu tidak memiliki eyeshadow base ada beberapa bahan lain yang dapat kamu pergunakan sebagai penggantinya, yaitu : gel liner, cream eyeshadow, concealer, pencil liner maupun cream foundation. Aplikasikan pada kelopak mata dan diamkan mengering selama 2 menit. Jika kamu akan menggunakan eyeshadow berwarna cerah atau pastel dan ingin agar eyeshadow terlihat menonjol, coba bubuhkan concealer atau foundation yang 2-3 kali lebih terang dari warna kulit kamu. Jika menginkan kesan yang lebih lembut, kamu bisa mengoleskan base, foundation atau concealer berwarna nude.

  • Pemilihan Warna Eyeshadow

Persiapkan semua peralatan termasuk brush serta siapkan quad atau eyeshadow palette kamu dan lalu pilihlah 3 warna yang menjadi pilihan kamu. Yang harus kamu ingat, warna yang kamu pilih harus senada dan bertingkat dari mulai gelap, medium dan terang/lembut. Itu adalah pilihan standar, terkecuali jika kamu menginginkan make up yang dramatis. Namun bagi kamu para pemula, tidak disarankan untuk mencoba make up dramatis pada awal-awal pemakaian.

  • Aplikasikan warna terang terlebih dahulu

Selalu ingatlah untuk memilih warna yang paling lembut terlebih dahulu. Siapkan brush dan ketuk-ketukkan sejenak untuk menghilangkan sisa eyeshadow sebelumnya. Pulaskan eyeshadow warna lembut ke bagian sudut terdalam dari mata kamu lalu baurkan ke sepertiga bagian kelopak mata. Jangan takut salah karena warna eyeshadow yang lebih gelap akan dapat kamu gunakan untuk mengoreksinya. Jika nuansanya kamu rasakan terlalu terang, coba basahi sedikit brush kamu dan sapukan ke bagian kelopak mata yang telah kamu bubuhi eyeshadow. Gunakan warna yang senada (atau highlighter, jika ada) dan sapukan tepat dibagian bawah alis mata untuk menonjolkan lengkung alis mata.

  • Warna medium atau lapisan kedua
Baca Juga  Makanan Wajib Untuk Ibu Menyusui

Selanjutnya ambil warna medium atau mid-tone yang telah kamu persiapkan sebelumnya. Aplikasikan warna ini pada bagian tengah kelopak mata. Sisakan kira-kira sepertiga bagian kelopak mata terluar untuk warna eyeshadow kamu yang paling gelap. Siapkan brush yang masih bersih dan campurkan warna gelap dan terang. Jangan mencampurkan kedua warna ini terlalu banyak karena menyatu dengan warna mid-tone sebelumny. Yang kamu perlukan hanyalah agar tetap membuat warna-warna yang kamu baurkan tetap terlihat berbeda. Pencampuran ini diperlukan hanya untuk melembutkan perbedaan warna mid tone dengan yang terang sebelumnya.

  • Mengaplikasikan warna tergelap

Ambil warna eyeshadow tergelap yang telah kamu siapkan. Aplikasikan warna ini pada bagian sudit luar mata. Bagi kamu yang menginginkan tampilan yang lebih dramatis, kamu bisa sapukan warna ini pada sepertiga bagian dari kelopak mata. Sementara itu untuk penampilan di siang hari, tambahkan shade pada sudut luar kelopak mata dan padukan perlahan.

  • Bagian bawah mata

Untuk mempercantik bagian ini, tentu saja kamu dapat mempergunakan pencil alis atau eye liner. Namun, eyeshadow dapat juga kamu manfaatkan pada bagian ini, untuk penampilan yang berbeda. Gunakan warna eyeshadow gelap dan sapukan pada garis mata bagian bawah kamu untuk mendapatkan tampilan dramatis, atau gunakan warna medium atau mid-tone jika kamu menginginkan tampilan yang lebih kasual.

  • Sentuhan akhir

Perlu kamu pastikan bahwa garis eyeshadow warna gelap kamu pada kelopak mata bagian atas menyatu dengan eyeshadow yang kamu aplikasikan pada bagian bawah kelopak mata. Pertemuan kedua warna harus terlihat mulus dan menyatu. Jika kamu memiliki highlighter, sapukan pada bagian eyeshadow warna terang kamu agar terlihat menonjol. Warna muda atau lembut bisa tampak cemerlang apabila ia tampak bercahaya atau berkilau.

Tips Jitu Mengaplikasikan Eye Shadow Sesuai bentuk mata kamu

Mengetahui dengan pasti bentuk mata kamu sendiri adalah langkah paling awal untuk menentukan bagaimana kamu  harus mengaplikasikan eyeshadow. Beberapa bentuk mata adalah :

1. Almond eyes

bentuk mata sedikit menaik keatas.

Eyeshadow         : bebas dalam mengaplikasikan eyeshadow

Baca Juga  Cara Jitu Mencegah Kanker Otak

Contoh pemilik mata jenis ini : Emma Watson, Angelina Jolie, Aiswarya Rai

2. Prominent eyes

mata menonjol dengan kelopak lebar sehingga memberikan kesan mata boneka atau mata ikan

Eyeshadow         : jangan membuat mata tampak makin menonjol. Berikan warna gelap pada bagian kelopak dan warna terang pada bawah alis

Contoh pemilik mata jenis ini : Anne Hattaway

3. Hooded eyes

sebagian atau separuh bagian kelopak mata tidak terlalu terlihat pada saat mata terbuka

Eyeshadow         : sebaiknya gunakan satu shade pada kelopak mata untuk membentuknya

Contoh pemilik mata jenis ini : Blake Lively

4. Close set eyes

jarak antara kedua mata terlihat sempit atau dekat

Eyeshadow         : aplikasikan eyeshadow warna muda pada bagian ujung dalam kelopak mata

Contoh pemilik mata jenis ini : Ginnifer Goodwin

5. Wide set eyes

jarak lebar antara kedua mata

Eyeshadow         : fokuskan make up mata pada sepertiga bagian dalam mata, karena warna gelap memberikan kesan sempit.

Contoh pemilik mata jenis ini : Kate Moss

6. Monolid (satu lapis kelopak) atau Asian eyes

berbentuk kecil (bisa saja berbentuk almond) namun tidak memiliki lipatan atau hanya memiliki lipatan yang tipis

Eyeshadow         : aplikasi light shade pada kelopak, sementara di ujung luar mata aplikasikan warna yang satu tone lebih tua. Aplikasikan warna medium pada bagian tengah lebarkan ke bagian luar. Dari lipatan ke bawah alis berikan light shade.

Contoh pemilik mata jenis ini : Song Hye Kyo

7. Deep set eyes

bentuk mata yang memiliki kesan cekung

Eyeshadow         : aplikasikan warna terang pada kelopak, warna gelap pada lipatan dan keatas sedikit. Gunakan light shade yang matte pada kelopak, medium shade pada lipatan, gelap pada ujung luar lipatan, beri highlight pada bawah alis

Contoh pemilik mata jenis ini : Kristen Stewart, Julianne Moore

8. Down turn eyes

sudut mata menurun sehingga terkesan sayu

Eyeshadow         : Fokuskan make up pada sudut luar mata. Light shade pada 2/3 kelopak, medium pada ujung luar mata serta dark shade pada lipatan mata naik ke atas.

Contoh pemilik mata jenis ini : Jennie Garth