Posisi Tidur yang berbahaya bagi ibu hamil yang perlu diketahui – Ibu yang sedang hamil biasanya menghadapi situasi yang tidak biasa. Apalagi untuk wanita yang baru pertama kali mengalami kehamilan. Umum nya masalah yang sering kali dihadapi adalah sulit untuk tidur. Ada beberapa hal yang menyebabkan situasi ini terjadi, seperti:

  • Badan yang sudah terlalu lelah
  • rasa mual yang sering muncul secara berlebihan
  • keringat berlebihan
  • Tiba-tiba sakit kepala
  • pinggul mulai sering terasa sakit

Yang akhirnya membuat ibu hamil banyak yang tidak bisa beristirahat dengan baik, sehingga membuat kesehatan ibu terganggu. Padahal istirahat yang cukup seperti tidur sangat penting untuk menjaga kehamilan tetap sehat dan janin yang berada dikandungan dapat berkembang dengan baik. Selain itu ada beberapa posisi tidur yang berbahaya bagi ibu hamil dan harus dihindari.

Berikut ini adalah beberapa tipe posisi tidur yang berbahaya bagi ibu hamil :

  1. Tidur Terlentang pada Trimester Kedua

Posisi tidur yang berbahaya bagi ibu hamil yang pertama adalah tidur terlentang di masa kehamilan trimester kedua. Ini disebabkan karena pada periode tersebut uterus berada di bagian tekanan vena, yang berfungsi untuk mengembalikan tekanan aliran darah ke jantung ibu hamil. Sehingga jika ibu terlentang untuk waktu yang lama maka akan membuat aliran darah ke plasenta janin jadi lebih kecil.

Keadaan ini dapat membatasi asupan gizi dari ibu dan oksigen kepada janin, sehingga akan menyebabkan kematian. Bahkan pada posisi ini ibu akan sering mengalami mual dan pusing.

  1. Tidur Miring Ke arah Kanan

Posisi tidur yang berbahaya bagi ibu hamil selanjutnya adalah miring ke arah kanan, karena posisi ini akan menyebabkan tekanan yang kuat pada bagian organ hati ibu hamil. Kondisi ini juga dapat membuat asupan nutrisi bagi janin menjadi terbatas. Bukan hanya nutrisi yang mengalami pengurangan tapi oksigen yang melalui plasenta juga akan mengalami hal serupa.

Baca Juga  6 Cara Diet Setelah Melahirkan Yang Paling Aman

Selain janin dengan tidur miring ke kanan ibu hamil juga akan mengalami gangguan dan rasa tidak nyaman karena kekurangan oksigen.

  1. Posisi Tengkurap

Untuk posisi tidur tengkurap di masa awal kehamilan atau pada trimester pertama masih diperbolehkan. Tetapi setelah ibu memasuki trimester kedua atau di trimester pertama tapi sudah merasakan tekanan yang besar, maka posisi seperti ini bisa sangat berbahaya. Karena menyebabkan janin tergencet sehingga mengancam jiwa janin.

Bahkan, kondisi ini juga dapat menyebabkan beberapa komplikasi seperti :

  • Saluran pencernaan menjadi terganggu dan tekanan terhadap pernafasan yang sangat berat sehingga ibu hamil bisa kekurangan oksigen.
  • mempengaruhi oksigen yang akan mengalir ke jantung melalui pembuluh vena.
  • Gangguan terhadap pasokan oksigen dan nutrisi buat janin yang bisa mengakibatkan keguguran atau kematian janin.
  1. Mengangkat Kaki ke Atas

Di awal masa kehamilan ibu hamil akan sering mengalami gangguan kehamilan, seperti badan mudah lelah, sakit kepala dan sering buang air kecil. Untuk menghindari rasa tersebut saat berbaring ada beberapa ibu yang mencoba menaruh bantal sebagai topangan agar kaki menjadi lebih tinggi.

Sebenar nya posisi ini harus dihindari, karena tidur dengan kaki yang lebih tinggi dapat menyebabkan janin kekurangan asupan oksigen. Bahkan hal yang paling buruk bisa menyebabkan keguguran.

  1. Tidur Sambil Duduk

Posisi tidur yang berbahaya bagi ibu hamil selanjutnya adalah, tidur sambil duduk. Biasanya saat ibu hamil mengalami gangguan seperti rasa mual dan perut mulas berlebihan, kebanyakan akan mencoba untuk tidur di sofa dalam posisi duduk. Perlu diketahui posisi ini sangat berbahaya bagi ibu hamil.

Posisi tidur sambil duduk akan meningkatkan tekanan pada pembuluh darah yang berlebihan bagi jantung. Selain itu juga bisa menimbulkan rasa pegal atau lelah yang berlebihan di bagiang punggung, khusus bagi ibu yang mempunyai wasir hal ini bisa memperburuk keadaan.

  1. Tidur Terlentang dengan Posisi Kepala Lebih Tinggi

Kehamilan memang selalu menyebabkan ibu hamil sulit untuk mendapatkan rasa tidur yang nyenyak dan nyaman. Alasan inilah yang sering membuat ibu hamil susah untuk beristirahat. Posisi tidur dengan menempatkan kepala berada lebih tinggi ternyata juga di larang.

Baca Juga  10 Cara Menurunkan Berat Badan Saat Hamil Paling Mudah

Ternyata posisi ini dapat menyebabkan jumlah asupan oksigen buat ibu hamil jadi lebih terbatas. Selain itu, posisi tidur seperti ini akan meningkatkan tekanan pada hati, plasenta ginjal mau pun punggung ibu hamil.

Tips Tidur Nyaman Selama Masa Kehamilan

Ibu hamil banyak yang merasa khawatir karena tidak dapat tidur dengan nyenyak dan nyaman selama masa kehamilan. Bukan itu saja, terkadang beberapa gangguan juga sering membuat ibu tidak bisa tidur seperti saat sebelum hamil. Untuk mengatasi semua gangguan ini dan ibu hamil bisa tidur dengan nyenyak dan nyaman, simak beberapa tips berguna dibawah ini:

  • Sebaiknya ibu menggunakan banyak bantal disekitar tempat tidur. Pilihlah jenis bantal yang lembut agar kepala, punggung, tangan, kaki dan tangan bisa mendapatkan posisi yang nyaman saat tidur.
  • Pada saat terbangun dan ibu hamil menyadari bahwa posisi tidur nya berbahaya yaitu miring ke kanan, tidak perlu khawatir karena hal ini wajar. Yang perlu ibu lakukan hanya kembali ke posisi semula dengan memberikan topangan untuk punggung dan kaki. Posisi ini sangat disarankan bagi ibu hamil.
  • Sebaiknya gunakan pakaian yang longgar, dengan bahan yang lembut di kulit dan tidak panas. Pakaian ini akan membuat ibu hamil selalu merasa nyaman, sehingga tidur menjadi lebih baik dan berkualitas. Jangan memakai pakaian ketat karena akan menyebabkan tubuh kurang leluasa bergerak.
  • Jika ibu hamil tidak dapat tidur dan sering mengalami gangguan selama trimester ketiga, maka ibu bisa mencoba menggunakan bantal atau sofa khusus yang sudah dilengkapi banyak bantal.
  • Hindari untuk mengkonsumsi makanan pedas di malam hari. Karena makanan pedas adalah musuh bagi ibu hamil, yang bisa menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare.
  • Coba untuk menenangkan pikiran dan rileks selama masa kehamilan, karena pikiran yang tenang tanpa beban bisa meningkatkan kualitas tidur ibu hamil.
  • Selalu mengatur asupan nutrisi selama hamil. Coba untuk mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan protein tinggi karena akan membuat perasaan lebih nyaman. Selain itu makanan tersebut akan meningkatkan kadar gula darah sehingga bisa membuat ibu tidur lebih nyenyak.
  • Sebelum tidur ibu hamil sebaiknya minum segelas susu, cara ini juga berguna untuk memberikan rasa nyaman selama tidur. Jika mengalami gangguan hamil seperti mual yang parah maka sebisa mungkin untuk menghindari makanan dan minuman yang bisa memicu mual dan muntah.
  • Bagi ibu yang sedang hamil sangat disarankan untuk berolahraga yang ringan saja. Dengan berolahraga maka bisa mengatasi masalah gangguan tidur. Selain itu jika ibu berolahraga selama kehamilan maka bisa membantu tubuh untuk membakar lemak dan kalori yang berlebih, sehingga ibu dan janin akan terjaga kesehatannya dan kualitas tidur yang baik pun akan didapatkan.
Baca Juga  Penyebab Infeksi Kulit Pada Bayi dan Cara Perawatannya

 

Semoga Informasi Di atas Bermafaat bagi anda silakan baca 7 Tanda Tanda Menstruasi Pada Anak