Cara Menghilangkan Kutu Air dengan Cepat – Penyakit jamur pada kulit merupakan hal yang sering kita jumpai, atau bahkan kita juga pernah mengalami penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Kali ini kita akan mengulas tentang penyakit kulit yang biasa disebut penyakit kutu air. Penyakit kutu air atau disebut juga dengan tinea pedis, kuman jamur yang menempel di kulit kita akan menyebabkan infeksi sehingga dapat menyebabkan kutu air.

Jamur penyebab kutu air dapat berkembang di kulit kita (biasanya berkembang di bagian kaki) dikarenakan kulit mengalami kelembaban pada luar kulit. Seperti terkena air terlalu sering, hal ini bisa mengakibatkan kutu air. Biasanya kutu air berada didaeah kaki Karena kaki sering berada pada kondisi dimana basah dan lembab, misalkan kaki berkeringat berlebihan, kaki akan mengalami lembab Karena kondisi disepatu yang lembab. Dalam kondisi banyak cara menyembuhkan inilah kaki akan rawan terkena kutu air.

Perlu kita ketahui apa penyebab terjadinya kutu air. Sebelum kita membahas bagaimana cara mencegah dan menyembuhkan kutu air, maka ada baiknya kita mengetahui penyebab terjadinya kutu air pada kaki. Agar kita bisa mengantisipasi dan menghindari kegiatan atau aktivitas yang dapat menyebabkan kutu air.

  • Sering berjalan tanpa alas kaki di daerah basah

Sering berjalan di tempat yang basah tanpa alas kaki akan memicu tumbuhnya jamur pada kaki dan dapat mengakibatkan kutu air. Sebaiknya gunakan alas kaki yang tidak mudah meresapkan air, agar kulit kaki tidak terkena air secara terus menerus sehingga tingkat kekeringan kaki masih normal.

  • Kurang menjaga kebersihan kaki

Kurangnya menjaga kebersihan juga menjadi penyebab tumbuhnya jamur kulit penyebab kutu air. Mengganti terlalu lama kaos kaki, dan menggunakan kaos kaki yang basah. Selain tidak mengganti kaos kaki dapat mengakibatkan bau yang kurang sedap pada kaki, kotoran yang terhimpun pada kaos kaki akan memicu terjadinya pertumbuhan jamur pada kaki. Dan juga kaos kaki yang basah akan membuat kondisi kulit kaki menjadi lembab, dan kondisi di dalam sepatu membuka suhu menjadi hangat sehingga kondisi basah pada kaos kaki tidak mudah kering dan cenderung basah. Hal ini akan memicu dan menjadi penyebab timbulnya jamur kulit pada kaki.

  • Seringnya terkena rendaman air pada kaki

Selain itu terendam air yang amat sering juga dapat memicu timbulnya kutu air. Rendaman air yang terlalu lama pada kulit kaki akan membuat kaki menjadi lembab dan membuat jaringan kulit kaki bagian luar yang akan membuka peluang jamur kulit masuk pada pori kulit. Sehingga hindari kontak kaki dengan air dalam waktu yang cukup lama, apalagi air tersebut merupakan air yang tidak bersih seperti air hujan atau air sungai.

  • Tertular dengan penderita jamur kaki

Penderita kutu air yang sering berjalan dilantai tanpa alas kaki dapat menularkan jamur kutu air. Kaki yang terluka dan terkena jamur akan menempel pada lantai dan akan menempel pada kulit kaki yang sehat yang mengenai jamur kulit tersebut. Apabila kondisi kaki kita mendukung untuk jamur kulit berkembang, maka bisa dipastikan kaki kita akan terkena kutu air. Bertukar kaos kaki. Menggunakan kaos kaki penderita kutu air juga akan mengakibatkan kaki kita tertular jamur kulit. Proses pertukaran jamur penyebab kutu air pada kaos kaki akan semakin mudah menular pada kita. Karena selain jamur kaki akan mudah menempel pada kulit kaki, penggunaan kaos kaki pada sepatu akan sangat mendukung kelembaban pada kulit kita.

Baca Juga  Tips Tradisional Menjaga Kecantikan

Setelah kita mengetahui apa penyebab jamur, timbulnya jamur kulit yang dapat mengakibatkan timbulnya kutu air pada kaki. Ada baiknya kita belajar dan mengetahui bagaimana menyembuhkan kutu air. Menariknya lagi penyembuhan kutu air ini bisa kita lakukan dengan cara-cara alami. Disamping kita bisa menyembuhkan dengan cara-cara medis yang modern. Teknik penyembuhan dengan cara tradisional memang sedikit berbeda dengan teknik modern dengan menggunakan obat-obatan modern. Menggunakan pengobatan tradisional sedikit lebih ribet dibandingkan dengan teknik pengobatan dengan teknik tradisonal yang lebih praktis. Akan tetapi menggunakan bahan dan teknik tradisional dengan alami cenderung mengurangi terjadinya efek samping yang dihasilkan dari obat-obat tersebut.

Apa saja bahan alami yang dapat membantu menyembuhkan kutu air membandel dan juga bahan tradisional yang dapat membantu mencegahnya:

  • Larutan Garam

Garam ternyata selain sebagai pelengkap bumbu dapur dalam memasak, garam juga dapat menyembuhkan kutu air. Garam merupakan butiran putih yang dihasilkan dari senyawa alami air laut yang mempunyai antiseptic alami sehingga dapat menyembuhkan beberapa penyakit kulit. Caranya cukup mudah untuk menyembuhkan kutu air dengan garam, larutkan garam secukupnya ke dalam air hangat. Larutkan garam pada air yang sudah dimasukkan kedalam baskom yang dapat menampung panggkal kaki. Setelah garam larut, masukkan kaki kedalam baskom dan rendam selama kurang lebih 20-25 menit. rendaman air garam akan merasuk kedalam jaringan kulit yang terkena jamur dan menghambat pertumbuhan jamur, dengan rendaman secara rutin akan membunuh jamur kulit yang ada pada kulit kaki.

  • Bawang Putih

Selain garam ternyata bawang putih juga memiliki kandungan anti septic yang dapat berperan sebagai pembunuh jamur kulit, selain anti septic bawang putih juga dikenal dengan kandungan atsir dan allicin yang dapat berperan sebagai anti inflamasi dan anti bakteri pada kulit. Caranya cukup mudah, dengan menumbuk sampai halus satu siung bawang putih dan menempelkannya pada kulit kaki yang terkena kutu air. Tempelkan pada sela-sela kaki dan lapisan kulit yang terkelupas akibat kutu air. Diamkan selama kurang lebih 20 menit agar kandungan bawang putih meresap. Lakukan secara rutin untuk memperoleh hasil yang maksimal.

  • Daun Talas

Daun talas lebih banyak kita kenal sebagai daun pembungkus atau daun yang tidak mempunyai manfaat, tapi ternyata daun talas mempunyai kandungan antiseptic alami yang cukup luar biasa yang bernama saponin. Selain itu daun talas juga mempunyai kandungan anti oksidan yang disebut dengan polifenal. Kandungan polifenal pada daun talas dapat membantu memicu pengganti sel kulit mati, sehingga menyembuhkan kulit yang luka. Dan yang terakhir adalah kandungan antibiotic alami, kandungan anti biotik alami pada daun talas akan membantu proses penyembuhan luka dan membantu menahan rasa sakit yang ditimbulkan akibat luka karena kutu air.

  • Daun Sirih

Bahan alami yang mempunyai kandungan antiseptic berikutnya adalah daun sirih. Daun sirih memiliki kandungan antiseptic alami yang dapat menyembuhkan penyakit kulit akibat jamur. Untuk penggunaannya sebagai penghancur jamur penyebab kutu air karena semakin efektif bila dikombinasikan dengan garam. Caranya sangat mudah cukup rebus daun sirih dan campurkan garam secukupnya pada larutan daun sirih tersebut. Setelah hangat, maka larutan daun sirih tadi masukkan kedalam baskom yang dapat menampung telapak kaki. Rendam sampai kurang lebih 30 menit, biarkan larutan masuk kedalam luka dan membunuh jamur. Larutan ini akan membuat perih luka yang ada pada kaki. Hal itu menunjukkan bahwa larutan antiseptic pada garam dan daun sirih merasuk dan meresap kedalam luka yang sudah ditumbuhi jamur penyebab kutu air.

  • Daun Teh

Selain untuk minuman daun yang satu ini ternyata sangat bermanfaat bagi manusia. Selain untuk minuman kesehatan teh juga dapat dijadikan sebagai bahan kesehatan rambut dan kulit. Untuk kulit, ternyata teh mempunyai khasiat yang dapat membantu peremajaan kulit dan membunuh jamur pada kulit. Caranya dengan memasukan daun teh olahan atau daun teh yang sudah dikeringkan kedalam panci air hangat. Kemudian, hampir sama dengan pengobatan menggunakan garam dan daun sirih. Larutan daun teh akan digunakan sebagai meredamkan kaki sampai dengan pangkal kaki. Rendam selama 25-30 menit untuk selanjutnya angkat kaki dan keringkan.

  • Cuka Apel

Berikutnya adalah cuka apel, larutan cuka apel ini ternyata mengandung bahan yang menjadikan kulit mempunyai PH yang cukup tinggi, sehingga akan membantu menyembuhkan luka sekaligus mengusir jamur dari kulit. Caranya dengan mengoleskan secara langsung pada luka akibat jamur. Gunakan kapas sebagai alat bantu untuk meratakan olesan dari cairan apel. Diamkan selama beberapa menit dan kemudian cuci dengan air bersih, keringkan kaki dengan lap sampai bersih dan kering. Hindari kaki dari kondisi basah dan lembab. Lakukan secara rutin selama 2 kali sehari selama dua minggu berturut-turut.

  • Soda Kue

Ternyata soda kue juga tidak hanya sebagai bahan untuk membuat kue, akan tetapi juga dapat digunakan sebagai penyembuh penyakit kulit akibat jamur. Kandungan antiseptic soda kue membuat terbunuhnya jamur yang menempel pada kulit. Untuk mengaplikasikan soda kue sebagai obat penyaikit kulit cukup mudah yaitu dengan merendam kaki kedalam cairan yang sudah dicampur dengan soda kue. Merendam selama 25 menit sebanyak 2 kali sehari akan membantu pemulihan dan penyebuhan penyakit kutu air yang diakibatkan oleh jamur.

  • Minyak Kelapa

Biasanya kita menggunakan minyak kelapa sebagai larutan untuk menggoreng makanan. Tapi ternyata minyak kelapa bisa digunakan untuk menyembuhkan kulit akibat jamur penyebab kutu air. Kandungan anti bakteri asam larut pada minyak kelapa yang dapat membunuh jamur pada minyak kelapa dapat berfungsi sebagai pembasmi jamur kulit. Untuk mengaplikasikan minyak kelapa yang dapat menyebabkan kutu air, adalah dengan mengoleskan langsung minyak kelapa kepada kulit yang ditumbuhi jamur atau terkena kutu air. Diamkan beberapa menit. setelah selesai keringkan minyak kelapa tadi seka dengan tissue, karena tissue menyerap minyak kelapa sehingga minyak kelapa bisa benar-benar kering. Bersihkan dengan air dan keringkan dengan lap bersih. Lakukan dengan rutin. Bila perlu lakukan pada saat pagi dan malam hari agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga  Cara Jitu Mencegah Kanker Otak

Seperti diketahui tumbuhnya jamur adalah berasal dari kebiasaan-kebiasaan buruk yang kurang bersih dan tidak menjaga kondisi tubuh dari ancaman yang ada disekitar kita. Dengan lebih memperhatikan kebersihan, mencuci kaki sehabis pulang dari aktivitas diluar dan juga sering mengganti kaos kaki, tidak usah menunggu sampai kaos kaki berbau tidak sedap. Menjemur sepatu dan membersihkan sandal adalah langkah pencegahan terhadap timbulnya jamur penyebab kutu air. Selain itu selalu menjaga kontak dengan penderita kutu air juga hal yang preventif. Mencegah kontak yang dimaskud adalah kontak secara tidak langsung dengan kaki teman atau saudara yang terkena kutu air. Waspada dan hindari, cuci kaki dengan bersih apabila Anda ragu. Ingat, mencegah lebih baik dari pada mengobati. baca juga Rahasia Memiliki kulit Putih Mulus Kencang Dan Tampil Cantik Alami