Cara Memutihkan Ketiak Secara Alami – Ketiak merupakan bagian tubuh yang sebenarnya merupakan bagian yang tidak terlalu di perlihatkan. tapi bagi kaum hawa ketiak merupakan bagian yang juga bisa menurunkan rasa percaya diri. apalagi bila menggunakan busana tanpa lengan. tumbuhnya bulu yang lebat pada ketiak merupakan hal yang juga mengurangi estetika bagi kaum hawa. selain juga timbulnya bulu lebat pada ketiak dapat memicu aroma bau badan yang kurang bersahabat. problem yang dihadapi adalah noda hitam atau bahkan warna gelap pada ketiak yang menjadikan kurang percaya diri bagi kaum hawa apabila menggunakan busana tanpa lengan atau menggunakan busana musim panas.

Menghitamnya warna kulit pada ketiak adalah hal yg wajar. tidak hanya ketiak. bagian pada anggota tubuh yang lain juga mengalami hal yang sama. hal ini dikarenakan ketiak adalah area lipatan pada kulit, sehingga rawan sekali terjadi gesekan dan kelembaban yang tinggi pada permukaan kulit. hal ini yang mengakibatkan timbulnya warna hitam pada permukaan kulit.

selain juga ditimbulkan oleh faktor lokasi dari ketiak sendiri. anggota bagian tubuh yang menghasilkan kelenjar keringat berlebih juga akan mengalami kehitaman karena rawan terjadinya iritasi. Iritasi yang berlebihan akan menimbulkan luka dan luka inilah yang mengakibatkan kulit menjadi hitam. bekas luka pada bagian kulit yang lembab dan menghasilkan banyak kelenjar keringat akan mengalami penundaan pengangkatan sel kulit mati. sehingga cenderung lapisan kulit yang seharusnya dengan mudah mengalami peremajaan akan mengalami penundaan pada sistem lapisan kulit atas. Sehingga warna pada kulit cenderung gelap.

Penyebab Ketiak Hitam.

penyebab warna kulit pada ketiak menjadi hitam atau meninggalkan noda hitam karena beberapa hal seperti dibawah ini:

  • Luka akibat mencukur Rambut pada Ketiak

Kebiasaan mencukur dengan alat cukur atau shaver untuk kumis pria akan mengakibatkan luka pada kulit ketiak. hal ini mengakibatkan iritasi pada kulit dan dapat menimbulkan luka. Luka yang sangat halus pada kulit ketiak akan menimbulkan noda hitam, karena kulit pada ketiak yang mempunyai tingkat kelembaban tinggi akan mengakibatkan permukaan kulit yang luka mengalami penundaan peremajaan pada sel kulit yang mati atau rusak. Gunakan alat pencukur khusus bagi ketiak, jangan gunakan pencukur kumis untuk pria. Selain pisau cukur pada alat pencukur pria lebih tajam karena didesain untuk permukaan kulit rata seperti kumis dan dagu, penggunaan alat cukur yang salah akan mengakibatkan luka. Gunakan mesin pencukur ketiak elektrik yang banyak tersedia di pasaran untuk mencegah timbulnya luka pada kulit ketiak.

  • Penggunaan Deodorant

Akibat bahan kimia atau deodorant seperti kita ketahui bahwa deodorant adalah penghambat bau yang kurang sedap yang ditimbulkan oleh ketiak. Dengan deodorant maka akan menghambat lapisan kulit penghasil keringat untuk tidak terlalu memproduksi keringat dan menahannya dengan aroma yang lebih bersahabat. Kandungan kimia berupa pewangi pada deodorant terkadang akan menjadi salah satu penyebab timbulnya iritasi pada kulit ketiak. pada beberapa jenis kulit bahan kimia pengaruh ini akan memberikan efek merah pada kulit ketiak dan gatal-gatal. selain itu cairan yang ditinggalkan oleh deodorant akan mengering dan meninggalkan kerak pada permukaan kulit sehingga juga dapat memicu noda hitam pada ketiak. oleh karena itu cobalah selektif dalam memilih produk deodorant. pilihlah produk dengan kandungan kimia yang cocok dengan jenis kulit Anda.

  • Luka akibat Jerawat

Warna hitam atau noda hitam pada ketiak juga dapat ditimbulkan oleh luka akibat jerawat. pada kondisi kulit tertentu. ketiak sering muncul jerawat. Dikarenakan tingkat kelembaban kulit pada ketiak dan banyaknya kotoran yang dikeluarkan oleh ketiak akibat keringat menyebabkan kulit area ketiak rawan munculnya jerawat. Timbulnya jerawat pada ketiak juga bisa diakibatkan oleh penyebab hormonal, untuk kasus ini tidak semua orang mempunyai hormon yang sama dengan munculnya jerawat pada area kulit yang sama. bisa saja seseorang mempunyai wajah yang bersih akan tetapi mempunyai jerawat pada punggung dan area lipatan pada tubuh, kondisi seperti ini sangat berbeda-beda pada setiap orang.

  • Faktor Genetik

Faktor keturunan juga dapat memicu terjadinya kulit hitam pada lipatan area kulit. Suatu misal ibu, ayah atau nenek kita yang mempunyai kulit pada lipatan tubuh mempunyai warna kehitaman akan memungkinkan kita juga mempunyai warna kehitaman pada ketiak.

Baca Juga  Tips Jitu Menjaga Badan Agar Tetap Langsing

Beberapa hal yang menjadi penyebab ketiak menjadi hitam diatas adalah kebiasaan yang sebenarnya sudah menjadi kebiasaan sehari-hari, dan jarang dari kita mengganggap bahwa hal tersebut dapat menyebabkan menjadi warna pada ketiak menjadi gelap. Ada beberapa hal yang dapat kita gunakan sebagai pemutih ketiak agar terbebas dari rasa kurang percaya diri dan menjadikan kita bebas menggunakan busana tanpa lengan dan busana musim panas.

Yang menariknya lagi adalah cara yang akan kita gunakan untuk mencegah maupun menghilangkan kehitaman pada ketiak adalah cara-cara alami dan menggunakan bahan yang sudah banyak berada disekitar kita. Simak beberapa cara yang dapat kita praktikan untuk memutihkan ketiak kita:

  • Hindari Memakai Pakaian Ketat.

Hindari mengenakan pakaian ketat untuk keperluan sehari-hari. Pakaian ketat memang mungkin nyaman untuk digunakan, akan tetapi pakaian ketat juga dapat memicu ketiak menjadi hitam penyebabnya adalah kurang sirkulasi untuk daerah ketiak, dengan sirkulasi yang kurang pada ketiak akan menjadikan ketiak mudah untuk berada pada kondisi lembab dan kurangnya sirkulasi juga akan membuat ketiak susah untuk mendapatkan kondisi udara yang kering. Selain itu baju yang ketat juga akan menimbulkan gesekan pada area kulit ketiak yang akan menimbulkan luka gesekan pada kulit. Terlalu seringnya gerakan gesekan yang sama akan menimbulkan noda pada kulit.

  • Mengeringkan Ketiak

Cobalah untuk membiasakan menyeka ketiak dengan tisu ketika ketiak dalam kondisi berkeringat, jangan biasakan membiarkan kondisi berkeringat pada ketiak terlalu lama dan sering. Dengan kondisi lembab yang teralu sering maka akan mengakibatkan ketiak menjadi hitam.

  • Mengunakan Jeruk Nipis

Menggunakan jeruk nipis dapat membantu mengurangi noda hitam pada ketiak. Seperti diketahui kandungan vitamin C pada jeruk nipis sangat tinggi, sehingga dapat berfungsi sebagai larutan yang dapat mengangkat sel kulit mati pada kulit. Caranya sangat mudah. Cukup iris menjadi dua jeruk nipis yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Kemudian peras pada sebuah cawan sampai tidak dapat mengeluarkan cairan lagi. Ambil kapas dan celupkan pada cairan jeruk nipis tersebut, dan oleskan pada kulit ketiak yang berwarna kehitaman. Diamkan selama 10 menit dan kemudian bersihkan.

Baca Juga  Penyebab Infeksi Kulit Pada Bayi dan Cara Perawatannya

Lakukan secara rutin sampai Anda mendapatkan warna kulit memudar. Dianjurkan untuk melakukan hal ini setiap hari pada saat malam hari, karena pada malam hari akan terjadi proses mitosis pada kulit dimana akan terjadi pergantian sel kulit yang baru.

  • Menggunakan Buah Mentimun

Buah mentimun yang biasanya kita gunakan untuk teman pada menu lalapan sambal, ternyata dapat membantu kita untuk memudarkan warna kulit yang kehitaman pada ketiak kita. Caranya cukup mudah, dengan mengiris mentimun menjadi irisan tipis dan menempelkan pada area ketiak. Himpit ketimun dengan ketiak kita dan biarkan sampai sekitar 60 menit, ganti apabila dirasa ketimun tadi sudah cukup kering. Lakukan secara berulang dan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Menggunakan Kentang

Kentang ternyata tidak hanya bisa digunakan sebagai makanan ringan pada rumah makan siap saji. Tetapi kentang juga dapat membantu untuk memudarkan warna hitam pada ketiak. Selain kandungan pada ketiak yang dapat memicu tumbuhnya sel baru kentang juga mengandung zat yang dapat memutihkan kulit.

Untuk menggunakan kentang sebagai bahan pemutih kulit ketiak adalah dengan menumbuk kentang dengan halus dan menempelkannya pada kulit ketiak yang berwarna hitam. Untuk hasil maksimal tumbukan kentang bisa dicampur dengan perasan jeruk nipis. Diamkan dalam waktu 15 menit. Lakukan dengan rutin agar mempercepat proses pencerahan dan penyamaran noda hitam pada ketiak Anda.

  • Baking Soda

Baking soda dapat berfungsi sebagai scrub untuk kulit ketiak dengan fungsi mengangkat sel kulit mati yang ada pada ketiak dan mendorong tergantinya dengan kulit baru. Sehingga kulit menjadi cerah.

untuk menggunakan baking soda untuk kulit ketiak Anda yaitu dengan cara mencampur satu sendok makan bubuk baking soda kedalam cawan dengan air secukupnya sampai membentuk sebuah pasta. Lalu oleskan pasta tersebut pada ketiak Anda. Biarkan sampai mengering dan kemudian bilas dengan air. Untuk selanjutnya agar hasil lebih maksimal bubuhkan baking soda ke dalam ketiak sehingga menyerupai bedak dan bilas sampai bersih. Lakukan metode ini selama 2 kali seminggu. Waspadai iritasi karena ditemukan metode ini tidak cocok untuk beberapa jenis kulit tertentu. Hentikan penggunaannya apabila terjadi iritasi.

  • Menggunakan Gula

Bentuk gula yang cukup kasar membuat gula dapat berfungsi sebagai penggosok kulit atau scrub untuk menghilangkan kulit mati pada ketiak. Penggunaan gula pada ketiak biasanya digunakan dengan minyak zaitun yang mengandung vitamin E. sehingga mampu meremajakan kulit dan menyamarkan noda kehitaman.

Baca Juga  10 Tips Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Caranya cukup mudah hanya dengan mencampurkan satu sendok gula dengan satu sendok minyak zitun kedalam satu buah mangkuk kecil. Kemudain gosok ketiak Anda dengan larutan gula dan zaitun sampai bersih dan terasa kotoran pada ketiak atau sel kulit mati terangkat. Kemudian lap dengan kain untuk selanjutnya sampai bersih dan bilas dengan air bersih.

  • Kulit Jeruk

Kali ini kita akan menggunakan kulit dari jeruk, jadi cobalah untuk memanfaatkan kulitnya setelah Anda menikmati manfaat dari isinya. Jangan buang kulitnya karena akan bermanfaat untuk menghilangkan warna hitam pada ketiak. Caranya dengan mengeringkan kulit jeruk ini sampai benar-benar kering. Kemudian rajang atau tumbuk kulit jeruk tersebut. Selanjutnya campurkan dengan minyak zaitun atau sedikit air. Gunakan larutan kulit jeruk sebagai penggosok pada ketiak Anda sampai benar-benar bersih dan terangkatnya kotoran atau lapisan kulit mati pada ketiak. Keringkan dengan lap seperti biasa untuk kemudian bersihkan dengan air bersih.

  • Lidah Buaya

Siapa yang tidak kenal tanaman yang satu ini, tanaman yang satu ini adalah tanaman yang sudah banyak digunakan untuk kesehatan rambut dan kulit. Kandungan yang dimiliki oleh lidah buaya sudah terbukti dan teruji secara kilinis dapat membantu mencerahkan kulit dan mengangkat sel kulit mati pada kulit. Untuk peng-aplikasian lidah buaya pada ketiak adalah dengan mengoleskan dahan lidah buaya yang sudah diiris ke permukaan kulit ketiak. Oleskan dengan merata dan diamkan selama beberapa saat kurang lebih 15 menit. Selanjutnya bersihkan dengan air sampai bersih. Lakukan dengan rutin agar mencapai hasil maksimal.

Demikianlah beberapa metode dan pengenalan tentang cara mencegah sekaligus menghilangkan warna hitam pada kulit ketiak kita, tak perlu takut jika ketiak Anda berwarna kehitaman gunakan beberapa metode diatas, buktikan dan manfaatkan hasilnya. baca juga Cara Agar Wajah Kulit Lebih Halus dan Bersih