Cara Agar Wajah Kulit Lebih Halus dan Bersih – Mempunyai wajah bersih dan mulus adalah dambaan setiap wanita. Akan tetapi mempunyai wajah mulus dan bersih bukanlah sesuatu yang mudah. Ada banyak hal yang menjadi penyebab berkurangnya wajah halus dan bersih. Selain dari sisi usia yang tidak bisa kita elakkan, faktor eksternal juga menjadi penyebab wajah kita tidak menjadi mulus dan terlihat kotor. Aktivitas yang kita jalankan sehari-hari , tingkat stress yang cukup tinggi juga merupakan faktor dari luar yang mendukung kulit kita terlihat kusam dan bahkan timbul berbagai masalah kulit lainnya. Belum lagi polusi udara di luar yang sering diterima kulit kita secara langsung akan membuat kulit kita mengalami penyesuaian dan dapat menjadikan kulit kita tidak bisa bertahan dari kata mulus dan bersih. Kosmetik yang berlebihan juga dapat mengakibatkan kulit wajah menjadi sensitif dan terkadang timbul alergi. Dan masih banyak lagi hal-hal yang dapat menjadikan kulit kita menjadi kusam dan tidak mulus.

Untuk menjaga agar kulit kita menjadi lebih cerah dan menjaga kulit kita agar menjadi lebih mulus banyak cara yang harus kita lakukan dan juga banyak hal yang harus kita hindari. Sebelum kita memulai mencoba menjaga dan merawat kulit kita agar lebih mulus dan terlihat lebih cerah, ada baiknya kita mempelajari hal-hal yang dapat mengakibatkan kulit kita menjadi tidak mulus dan menjadi kusam. Beberapa hal yang harus kita hindari adalah sebagai berikut:

  • Sengatan matahari yang Berlebihan.

Seperti diketahui matahari mengandung sinar ultraviolet yang dapat mengakibatkan kebakaran pada lapisan kulit luar kita. Sengatan matahari yang terus menerus akan mengakibatkan kulit kita tampak hitam Karena terbakar oleh sinar ultraviolet yang keluarkan oleh matahari. Untuk menjaga kulit kita dari sinar matahari kita bisa menggunakan bantuan sun block yang sudah banyak dijual dipasaran, ingat menggunakan sun block bukan berarti kita aman dari sinar UV matahari, akan tetapi hanya melindungi sesaat dan menjadi penghalang saja. Dengan sengatan yang bertubi dan sengatan yang terus menerus juga masih akan dapat membuat kulit kita menjadi terbakar.

Selain itu gunakan payung sebagai pelindung untuk sengatan sinar matahari apabila kita akan berjalan dengan jarak waktu yang cukup lama. Jarak waktu sinar matahari berbahaya bagi kulit adalah sekitar pukul 10.00 sampai dengan 16.00. akan tetapi semakin berjalannya waktu dan dengan efek global warming yang ditimbulkan oleh ketimpangan alam. Periode waktu tersebut bisa berubah dan sudah tidak sesuai dengan perkiraan dulu. Tidak tahu kapan terakhir diteliti, akan tetapi pukul 10.00 saat ini sudah menjadi sinar matahari yang panas dengan kekuatan setara dengan waktu jam 12 siang. Wasapada dan mengurangi kontak secara langsung dengan sengatan sinar matahari adalah pencegahan yang baik dan tetap menggunakan tabir surya.

  • Gaya Hidup Tidak Sehat

Gaya hidup juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan kulit. Gaya hidup yang tidak sehat seperti pola makan yang sembarangan dan tidak berolah raga juga akan mempengaruhi kesehatan terhadap kulit. Merokok juga salah satu pola hidup tidak sehat dan juga dapat mengakibatkan kulit tidak sehat terutama kulit wajah. Dengan pola makan yang sembrono dan kurang mengkonsumsi sayuran, akan menjadikan kulit kekurangan nutrisi untuk memenuhi kebutuhannya. Kulit sangat memerlukan nutrisi untuk memenuhi kebutuhannya seperti proses peremajaan, proses pengeluaran toksi dalam kulit dan masih banyak lagi fungsi kulit yang membutuhkan nutrisi.

Baca Juga  10 Cara Mengatasi Wajah Berminyak Dan Berjerawat

Dengan makanan yang tidak sehat akan menunjang kulit dan tidak memberikan kulit cukup banyak nutrisi sehingga kecenderungan kulit terlihat kusam dan keriput adalah salah satunya. Merokok juga dapat memberikan sumbngan pada kesehatan kulit. Kurang beristirahat dan tidak berolah raga juga sangat berpengaruh. Karena kulit memerlukan waktu dan siklus untuk metabolismenya. Seperti pada waktu malam hari kulit akan memulai proses peremajaan pada saat dini hari. Dengan kita beristirahat akan sangat membantu kulit untuk melakukan proses tersebut.

Olah raga juga perlu dilakukan agar kulit senantiasa terasa segar, dengan keringat yang dihasilkan kelenjar keringat akibat berolah raga akan membantu kulit mengeluarkan kotoran dari dalam kulit. Berbeda dengan keringat yang disebabkan oleh rasa gerah dan kita berolah raga. Keringat pada saat kita gerah adalah reaksi alami ketika panas tubuh dalam kondisi tertentu dan dipengaruhi oleh keadaan dari luar tubuh. Sedangkan dengan kita berolah raga, adalah reaksi dari panas tubuh yang diperoleh dari reaksi internal tubuh yang memicu kelenjar keringat keluar dan mendorong kotoran dan sel kulit mati pada kulit. Dengan kesimpulan semakin rutin kita berolah raga dan mengkonsumsi makanan yang benar dan berpola hidup sehat, selain menjaga kesehatan tubuh juga dapat mempertahankan kesehatan kulit.

  • Kurang dalam Konsumsi Air Putih

Mengkonsumsi air putih untuk kesehatan kulit juga sangat dibutuhkan. Sering kita mendengar bahwa kebutuhan manusia terhadap air adalah berkisar 8 gelas perhari atau 2 liter dalam sehari. Sebenarnya jumlah kebutuhan air dengan jumlah tersebut tidaklah mutlak, akan tetapi mengikuti dari kebutuhan dari aktivitas kita. Apabila kita sedang berolah raga maka tidaklah mungkin kita mengkonsumsi air hanya dengan patokan itu, kita bisa mengkonsumsi air melebihi dari 8 gelas atau 2 liter. Apabila kita melakukan aktivitas yang sedang mungkin 7-8 gelas dalam sehari sudah bisa dikatakan cukup.

Baca Juga  5 Bahan Alami Ini Mampu Mengatasi Jerawat Di Kulit Kepala Dengan Cepat

Kebutuhan manusia akan air sangat berpengaruh untuk seluruh anggota tubuh termasuk kulit. Dalam kulit juga memerlukan air didalamnya. Sering kita melihat kulit kita yang bersisik dan kering. Tanda-tanda kulit kita kekurangan air adalah ketika kulit kita mengalami dehidrasi, terlihat kering dan bersisik. Untuk mengatasi tidak dengan serta merta kita meminum air 8 gelas lantas bisa menyelesaikannya. Akan tetapi memerlukan proses yang panjang untuk mengembalikan metabolisme yang mungkin mengalami kerusakan atau gangguan.

Oleh Karena itu minum minuman yang cukup untuk tubuh akan sangat membantu memelihara kelambaban kulit kita. Selain itu kita juga bisa menabahkan bantuan dari bahan eksternal seperti lotion pelembab yang banyak dijual dipasaran.

Beberapa hal diatas adalah hal-hal yang dapat menggangu kesehatan kulit dan menjadikan kulit tampak kusam dan kering. Masih banyak hal-hal yang dapat mengakibatkan kulit kita menjadi terganggu. Akan tetapi ketiga hal tersebut adalah hal yang paling sering dan kita jumpai pada kehidupan sehari-hari. Lantas bagaimana kita bisa menjaga kulit kita agar tatap halus. Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga agar kulit kita halus dan cerah.

  • Mencuci Muka Secara Rutin

Mencuci muka dengan rutin adalah salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga wajah agar tetap halus. Gunakan sabun muka yang tidak mengandung soda, cobalah pelajari dan baca pada kemasan tentang bahan yang terkandung didalamnya. Atau gunakan sabun bayi untuk mencuci wajah, sabun bayi adalah pencuci wajah yang aman digunakan. Karena kulit bayi yang sangat sensitive dan hampir sama dengan teksture kulit wajah orang dewasa. Seringlah membasuh muka apabila setelah dari luar dan terkena debu.

  • Gunakan Pelembab dan Tabir Surya

Menggunakan pelembab dan tabir surya juga merupakan cara untuk mencegah kulit agar tampak lebih halus dan bersih. Sekarang banyak produk-produk yang saling menawarkan kelebihannya. Pilihlah tabir surya dan pelembab yang tidak mengandung mercury, berhati-hatilah dalam memilih produk. Segera ganti produk Anda apabila mengalami iritasi, atau meminta petunjuk dokter apabila ragu dalam menetukan beberapa produk yang ada dipasaran.

Pelembab dan tabir surya sangat membantu proses peremajaan kulit dan menjaga dari paparan sinar matahari, dengan pelambab akan membatu menjaga kulit dalam melakukan proses peremajaan. Kandungan nutrisi pada pelembab bisa juga digunakan oleh kulit, sehingga kelembaban secara alami masih dapat terjaga.

  • Membersihkan Wajah dengan Scrub

Membersihkan wajah dengan sabun sudah menjadi hal yang harus kita lakukan setiap harinya untuk menjaga kebersihan wajah. Untuk kali ini cobalah untuk membersihkan wajah dengan scrub atau butiran lebut yang membantu mengangkat sel kulit mati. Kita bisa mekakukannya dengan cara alami atau dengan cara menggunakan sabun pencucui wajah yang sudah mengandung butiran halus tersebut. Mencuci muka dengan menggunakan handuk halus dan menggosok kulit wajah dengan halus dengan gerakan berputar juga dapat menjadi penggati sabun dengan scrub. Untuk metode ini gunakan dengan air hangat dan sabun wajah.

  • Menggunakan Masker Wajah

Menggunakan masker wajah sebelum tidur juga akan membantu menjaga agar kulit wajah kita tampak halus. Untuk menggunakan krim masker wajah kita bisa menggunakan cara tradisonal ataupun menggunakan masker yang sudah tersedia saat ini. Kedua cara tersebut sama-sama dapat menjaga kesehatan kulit wajah. Yang membedakan hanyalah pada obat masker ramuan tradisional kita akan sedikit lebih ribet dalam menggunakannya sedangkan menggunakan masker yang sudah tersedia kita akan lebih praktis, akan tetapi terkadang kita juga akan menemui hal-hal yang mungkin kurang ccocok untuk kita Karena produk kosmetik terbuat dari bahan tradisonal dan bahan sintetis.

  • Konsumsi Buah-Buahan

Sekali lagi hal yang dapat menjaga kulit kita agar tetap halus adalah mengkonsumsi buah-buahan. Dengan mengkonsumsi buah-buahan yang banyak bermanfaat bagi kulit akan membantu kulit kita untuk melakukan aktivitas-aktivitas seperti mengangkat sel kulit mati, peremajaan dan masih banyak lagi secara alami.

Baca Juga  10 Tips Memutihkan Wajah Secara Alami Dalam 5 Hari

Contoh buah yang dapat menjaga agar kulit tetap kencang adalah buah tomat. Dengan mengkonsumsi buah tomat secara rutin maka akan membantu kulit kita terjaga dari radikal bebas yang diakibatkan oleh sengatan sinar matahari, dengan kandungan lycopene untuk yang berfungsi untuk menjaga sengatan kulit dari sinar matahari.

Adapun buah yang dapat bermanfaat untuk kesehatan kulit adalah buah Apel, buah yang satu ini sudah banyak kita mendengarnya. Akan tetapi jarang dari kita tahu bahwa ternyata buah apel juga mempunyai manfaat bagi kulit kita. Dalam buah apel terdapat kandungan zat quercetin dan mengandung anti oksidan yang dapat mencegah terjadinya kerusakan pada kulit yang diakibatkan oleh radikal bebas. Dan masih banyak buah-buahan yang dapat menjaga kesehatan kulit dan membuat kulit kita tetap halus.

Demikian hal-hal yang dapat kita gunakan untuk menjaga kesehatan kulit agar tetap halus dan sehat. Menjaga agar kulit mulus bukan hal yang susah, Anda perlu mencobanya dan diaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari. baca juga Cara Menghilangkan Kutu Air dengan Cepat