7 Tanda tanda menstruasi pada anak – Menstruasi adalah sebuah siklus alami yang terjadi di dalam tubuh wanita dan erat hubungan nya dengan sistem reproduksi. Sedangkan secara biologis menstruasi adalah keluar nya darah dari dalam rahim karena sel telur yang ada didalam nya sudah matang tapi tidak terjadi pembuahan.

Sebagian anak yang baru pertama kali mengalami menstruasi, biasa nya tidak menyadari ada nya tanda tanda menstruasi, karena memang terkadang tidak menimbulkan gejala yang cukup signifikan. Tapi sebagai ibu mungkin bisa memberitahu kan mengenai tanda umum yang sering muncul agar anak tidak kaget.

Tanda tanda Menstruasi pada anak

Memang tidak mungkin untuk bisa memperkirakan secara tepat kapan anak gadis akan mengalami periode menstruasi pertamanya. Tapi secara umum ada beberapa tanda tanda menstruasi pada anak yang bisa di prediksi kapan terjadi nya, yaitu dengan melihat dari ciri-ciri berikut in:

1. Usia yang cukup

Biasanya anak gadis akan mengalami haid pertamanya pada usia yang sudah memasuki masa puberitas atau sekitar umur 8 sampai 15 tahun. Setiap anak pasti akan berbeda karena berkaitan langsung pada kematangan fisik dan hormonnya. Jadi tidak bijak jika Anda membanding-bandingkan hal ini antara anak satu dengan anak lainnya.

Masa awal siklus haid pada anak di dalam dunia medis disebut dengan menarche. Siklus pertama ini sangat dipengaruhi oleh faktor gen, oleh karenanya hal ini tak bisa di majukan atau di perlambat

2. Pertumbuhan dari payudara

Tanda tanda menstruasi pada anak yang selanjutnya adalah terjadi nya perubahan pada fisik anak tersebut. Jika awal nya tubuh anak sebelum memasuki masa pubertas terlihat kecil dan mungil, tapi ketika masuk masa pubertas tubuhnya akan mulai mengalami perubahan.

Baca Juga  10 Cara Menurunkan Berat Badan Saat Hamil Paling Mudah

Hal yang cukup menonjol adalah perubahan pada bagian payudaranya yang mulai tumbuh sedikit demi sedikit. Terkadang dibarengi dengan rasa agak nyeri dibagian payudara tersebut. Perubahan payudara pada setiap anak pastinya berbeda-beda dan hal ini sangat normal terjadi.

3. Mulai tumbuh bulu

Selain perubahan pada bagian payudara, anak gadis yang akan mengalami masa haid pertama juga akan mengalami perubahan pada bagian tubuh lainnya, seperti tumbuhnya bulu bulu halus di bagian ketiak dan bagian kewanitaan nya, bahkan ada juga yang tumbuh di bagian kaki. Banyak tidak nya jumlah bulu yang muncul setiap gadis berbeda-beda.

4. Terjadi perubahan fisik pada anak

Seperti yang dijelaskan sebelum nya bahwa tubuh anak akan mengalami perubahan sedikit demi sedikit di bagian payudaranya. Gadis yang akan mengalami siklus haid pertamanya juga akan mengalami perubahan pada bentuk fisik atau tubuhnya, seperti ukuran pinggulnya yang terlihat semakin besar dan terlihat lebih tinggi, bagian bokong yang tampak lebar dan sebagainya.

5. Sering mengeluh sakit

Saat menjelang memasuki masa menstruasi, anak gadis biasanya akan mulai mengalami rasa sakit dan kembung di bagian perut nya. Selain itu bagian payudaranya juga akan terasa lebih sakit jika disentuh dan agak bengkak. Pada beberapa anak bahkan ada yang mengalami sakit kepala mau pun mulai muncul jerawat di wajah nya.

6. Keluar cairan dari vagina nya

Tanda tanda menstruasi pada anak berikut nya adalah ada nya cairan yang berwarna putih keluar dari vaginanya, jika sudah sampai tahapan ini berarti masa haid akan semakin dekat. Biasanya kurang lebih enam bulan an setelah cairan tersebut keluar, maka periode haid pertama seorang anak baru dimulai.

Baca Juga  Posisi Tidur Yang Berbahaya Bagi Ibu Hamil Yang Perlu Diketahui

Hal ini wajar terjadi dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan, kecuali jika cairan yang dikeluarkan mempunyai bau yang kuat dan menimbulkan rasa gatal di bagian vagina. Jika hal itu terjadi sebaiknya langsung diperiksa ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

7. Lebih emosional

Menjelang periode pertama masa haid, biasa nya seorang anak akan menjadi lebih sensitif, emosi nya labil kadang naik kadang turun. Terkadang hati nya sangat lembut dan mudah menangis akan hal-hal yang kecil, tapi tiba-tiba juga bisa mudah marah dan tersinggung tanpa sebab yang jelas.

Dalam dunia kedokteran hal ini disebut sebagai Premestrual Syndrom (PMS), syndrom ini tidak hanya dialami pada periode pertama menstruasi, tapi setiap bulan saat mendekati masa menstruasi hal ini akan muncul kembali, dan ini normal terjadi.

Selain tanda tanda menstruasi pada anak diatas, ada yang perlu dipahami bahwa siklus haid setiap perempuan berbeda-beda dan bahkan ada juga yang mengalami pendarahan lebih banyak. Peningkatan volume darah menstruasi biasa nya ada di hari pertama dan kedua setelah siklus dimulai.

Pada sebagian perempuan siklus haid setiap bulan nya tidak teratur karena sangat tergantung dari kondisi tubuh dan psikis nya. Hal ini tidak berarti Anda memiliki masalah kesehatan yang serius jadi tidak perlu di tanggapi terlalu berlebihan karena hal ini normal terjadi.

Siklus menstruasi kadang tidak sama pada setiap perempuan, karena ada juga yang mengalami pendarahan yang lebih banyak. Dan biasanya peningkatan volume darah menstruasi terjadi pada hari pertama dan kedua setelah siklus dimulai. Siklus menstruasi bisa saja berubah setiap bulannya dan sangat tergantung pada kondisi tubuh dan psikis. Hal tersebut bukan berarti ada masalah kesehatan karenanya tidak perlu khawatir berlebihan.

Baca Juga  15 Tips Diet Sehat Alami yang Bisa Kamu Coba

Kelainan Menstruasi

Ternyata banyak nya darah yang keluar serta waktu haid yang berbeda-beda pada setiap siklus haid, dialami oleh setiap wanita dan perlu untuk diperhatikan dengan teliti. Anda bisa mencatat siklus menstruasi yang datang setiap bulannya, agar jika ada sesuatu yang aneh dan mengganjal dapat disadari dengan segera.

Memang setiap wanita memiliki siklus haid yang berbeda, tapi ada beberapa indikasi yang bisa menjadi masalah bagi kesehatan. Berikut ini beberapa diantara nya :

Menorraghia

Rata-rata sebanyak 30 sampai 70 mililiter darah yang dikeluarkan oleh tubuh pada saat masa menstruasi. Tapi jika Anda mengalami hal ganjil seperti mengganti pembalut hampir tiap jam nya dan mengalami anemia akibat penurunan volume darah yang banyak yang mengharuskan beristirahat total karena pendarahan tersebut, bisa jadi Anda mengalami suatu kelainan.

Kondisi ini dinamakan dengan menorraghia, jika kamu mengalami hal ini sebaiknya segera konsultasi kan dengan dokter atau petugas medis yang terdekat, agar tidak mengalami hal yang lebih parah.

Amenorhea

Amenorhea adalah suatu kondisi dimana siklus menstruasi berhenti pada seorang perempuan. Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi kondisi ini, contohnya karena kehamilan, menyusui, menopause, efek samping dari pil KB atau karena penyakit yang lain.

Dismenorhea

Rasa nyeri yang sering dirasakan sebelum maupun ketika siklus menstruasi berlangsung dinamakan dismenorea, rasa sakit yang sering muncul seperti sakit pada bagian punggung, kram perut, pusing, mual hingga diare. Keadaan ini sebenarnya normal terjadi, tapi jika rasa sakit yang dirasakan sudah tidak kuat lagi ditahan, Anda bisa mencoba minum obat pereda rasa nyeri. baca juga 10 Tips Memutihkan Wajah Secara Alami Dalam 5 Hari

7 Tanda Tanda Menstruasi Pada Anak

Keyword:

    cara mempercepat menstruasi pertama pada anak ,cara mempercepat menstruasi pada anak ,contoh tanda awal datang haid

Tag:

| Admin2 | 4.5