20 Manfaat Kulit Pisang Untuk Kesehatan – Buah Pisang, siapa yang tidak tahu buah yang satu ini, selain rasanya yang enak jenis pisang juga sangat beragam. Buah ini dapat digunakan untuk berbagai macam jenis masakan mulai digoreng di rebus dibuat kolak sampai dijadikan menu untuk nongkrong bersama yaitu dengan dibakar. Buah pisang sendiri mempunyai kandungan vitamin dan nutrisi kandungan lainnya yang sangat berguna bagi tubuh. Buah ini mempunyai kandungan vitamin dari A,B,C dan E dan kandungan nutrisi lainnya seperti kalium, seng dan mangan. Kandungan dalam pisang juga mengandung kalsium dan gula alami seperti glukosa, fruktosa dan sukrosa. Dan masih banyak lagi kandungan dalam pisang yang dapat bermanfaat bagi tubuh.

Sebuah artikel kesehatan menuliskan bahwa buah pisang sudah dikonsumsi oleh manusia sejak tahun 5000 SM. Pada saat itu, manusia mencoba mencari buah yang tidak mempunyai banyak biji, dan alhasil mereka berhasil menemukan buah yang satu ini. Walaupun biji pada pisang tergolong kecil akan tetapi pada saat itu buah pisang menjadi buah yang sangat digemari untuk di konsumsi. Buah yang selalu diidentikkan dengan monyet ini mempunyai nama latin Musa Paradisiaca, nama yang berasal dari sebuah penghargaan terhadap seorang dokter pribadi kaisar romawi yang pertama kali mengajurkan untuk mengkonsumsi pisang setiap hari. Sehingga namanya diabadikan untuk menyebut nama buah tersebut.

Menurut sejarah, buah pisang berasal dari dataran Asia tenggra yang disebar luaskan oleh pedagang Islam pada saat itu sampai ke darah Afrika Barat, Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Dan pada akhirnya buah pisang meyebar keseluruh dunia dan sampai saat ini merupakan buah yang dihasilkan oleh banyak negara di dunia. Negara penghasil pisang yang ternama di dunia adalah Brasilia, Filipina, Panama, Honduras, India, Equador, Thailand, Karibia, Columbia, Mexico, Venezuela, dan Hawai. Dan perlu kita ketahui Indonesia merupakan negara penghasil pisang nomor empat di dunia. Menarik bukan!

Banyak sekali jenis buah pisang di Indonesia. Buah pisang mempunyai jenis yang beraneka ragam. Dari jenis yang beraneka ragam itu juga, khasiat buah pisang juga beragam. Pisang untuk membuat makanan berkuah yang biasa disebut kolak atau yang sering kita kenal dengan kolak pisang merupakan jenis pisang raja. Jenis pisang untuk membuat pisang goreng kipas juga berbeda dan masih banyak lagi jenis pisang yang ada dan dugunakan sesuai dengan fungsi dan rasanya. Walaupun buah pisang mempunyai rasa dan aroma yang khas akan tetapi setiap jenis pisang mempunyai aroma yang berbeda. Jenis pisang juga bisa diidentifikasikan dengan ukran yang dimiliki seperti pisang tanduk, pisang yang mempunyai bentuk seperti tanduk ini mempunyai ukuran yang bisa dikatakan sangat besar.

Akan tetapi apakah sebenarmnya khasiat pisang untuk tubuh kita? Jawabannya adalah banyak sekali manfaatnya bagi tubuh kita. Berikut ini kita akan mebahas beberapa manfaat pisang bagi tubuh kita. Mulai dari khasiatnya untuk kulit, rambut dan bahkan tubuh. Tidak hanya buahnya, kulit pisang juga bisa bermanfaat untuk tubuh. Berikut ini adalah manfaat buah pisang untuk tubuh :

  • Menambah Energi

Siapa mengira buah kuning dan panjang ini mampu merubah kandungan gula yang dikandungnya sebagai energi untuk tubuh. Banyak olah ragawan yang mengkonsumsi pisang sebagai bahan makanan pada saat akan melakukan latihan. Mengkonsumsi pisang setiap hari pada waktu pagi juga akan sangat membantu aktivitas kita. Buah pisang adalah buah yang sangat baik dikonsumsi oleh orang dewasa dan anak-anak. Bahkan buah pisang juga baik dikonsumsi oleh bayi.

  • Menjaga tekanan Darah

Bagi kita yang mempunyai masalah pada tekanan darah, buah pisang juga baik untuk dikonsumsi setaip hari. Kandungan kalsium dan kalium pada pisang mampu menekan tekanan darah pada tubuh. Dengan konsumsi yang rutin akan membantu tekanan darah pada kita.

  • Menurunkan Kolesterol

Kolesterol merupakan masalah yang banyak dijumpai pada masyarakat kita, dengan pola makanan dan begitu banyaknya makan siap saji yang sudah mulai melanda pola kehidupan masyarakat dan makanan kemasan yang cepat untuk dimakan, membuat efek yang kurang baik bagi kita. Salah satu dampak yang paling banyak kita jumpai pada usia diatas 30 tahun adalah kolesterol pada tubuh. Disamping olah raga, makanan juga dapat menunjang untuk menekan kolesterol salah satunya adalah buah pisang.

Baca Juga  Cara Jitu Mencegah Kanker Otak

Buah pisang mempunyai kandungan serat pada yang diberi nama pectin merupakan serat larut yang dapat menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. Serat pectin akan memperlancar buang air besar di pagi hari dan meluruhkan kolesterol sehingga menjaga penyerpannya pada tubuh. Menurut sebuah penelitian. Kandungan serat pectin ini sanggup menurunkan kolesterol LDL tanpa menggangu kolesterol HDL.

  • Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah organ tubuh yang mempunyai peranan penting bagi tubuh, ginjal mempunyai fungsi menyaring darah yang ada pada tubuh dan kemudian mendistribusikan dalam tubuh. Dengan fungsi ginjal yang tergangu maka akan menggangu semua aktivitas pada tubuh kita. Salah satu fungsi buah pisang adalah menjaga kesehatan ginjal. Dengan kandungan kalium pada pisang akan akan menjaga fungsi ginjal dengan baik. Dengan konsumsi pisang dalam jumlah yang wajar akan memberikan nutrisi pada ginjal.

  • Meningkatkan Fungsi Saraf dan Kekuatan Otak

Buah pisang juga dapat berguna untuk meningkatkan fungsi saraf dan kekuatan otak. Menurut barbagai macam penelitian, kandungan vitamin B dan kalium pada buah pisang dapat membantu menguatkan fungsi saraf dan kekuatan otak. Pada orang dewasa mengkonsumsi pisang setiap hari atau setiap pagi akan membantu meningkatkan fungsi saraf dan mencegah menurunnya daya ingat pada usia lanjut. Pisang juga dapat dikonsumsi bagi anak-anak untuk menguatkan fungsi otak dan menunjang menigkatkan daya ingat sejak dini.

  • Mengurangi Resiko Stroke

Buah pisang juga dapat mengurangi resiko stroke pada usia senja. Dengan mengkonsumsi pisang pada usia dewasa akan mencegah terjadinya resiko stroke pada otak. Hal ini berdasarkan beberapa studi Karena kandungan kalium pada pisang.

  • Mengurangi Resiko Kanker

Dalam sebuah penelitian, buah pisang juga dapat menangkal radikal bebas dan mengandung antioksidan dan kaya akan serat makanan yang dapat mencegah terjadinya resiko kanker terutama kanker usus.

  • Meningkatkan kesehatan Tulang

Buah pisang juga dapat meberikan kesehatan pada tulang. Pada buah pisang kandungan bakteri probiotiknya dapat membantu menjaga kesehatan pada tulang kita. Dengan konsumsi buah pisang yang rutin dapat mencegah terjadinya masalah pada tulang diusia senja.

  • Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Seperti diketahui sebelumnya kandungan fructooligosaccharide yang berperan sebagai prebiotic dalam tubuh dapat memberikan kekutan dalam dinding pencernaan. Seperti kita ketahui prebiotic adalah bakteri yang ramah dan diperlukan untuk tubuh. Selain itu buah pisang kaya akan serat alami, buah pisang dapat membantu untuk menjaga kesehatan usus. Dengan konsumsi buah pisang pada pagi dan malam hari akan membantu untuk melancarakan pencernaan dan proses pembusukkan dengan semurna. Dan kandungan serat yang terkandung didalamnya akan membantu pencernaan mencerna makanan dengan sempurna sehingga menghindarkan kita dari sembelit di waktu pagi.

  • Mengatasi dan Mencegah Luka lambung

Masih seputar lambung, buah pisang mengandung zat yang baik bagi pencenaan. Seperti diketahui buah pisang mempunyai kandungan zat khusus yang berfungsi untuk mencegah terjadinya luka pada lambung. Zat ini memperkuat dinding lambung dan mencegah terjadinya luka pada lambung. Zat tersebut dikenal juga dengan protease inhibitor, zat inilah yang membantu menghilangkan bakteri di perut yang dapat mengakibatkan sakit mag.

  • Mengatasi Anemia

Buah pisang juga dapat mengatasi kekurangan darah atau anemia. Dengan konsumsi buah pisang seacara teratur akan mampu mencegah terjadinya banyak gangguan kesehatan terhadap tubuh. Buah pisang dapat juga menjadi buah penambah darah. Kandungan zat besi pada buah pisang dapat membantu pertumbuhan hemoglobhin pada tubuh.

  • Buah Pisang Untuk kesehatan Kulit

Selain empunyai manfaat yang banyak bagi tubuh, ternyata buah pisang juga baik untuk kesehatan kulit dengan mengkonsumsi atau mengaplikasikan buah pisang langsung pada kulit akan memnjadikan buah pisang sebagai bahan kecantikan yang alami. Buah pisang dapat berguna untuk kecantikan kulit wajah salah satunya adalah untuk obat dan pencegah jerawat. Dan juga buah pisang dapat menghaluskan kulit wajah. Penggunaan pada kulit sedikit berbeda dengan aplikasi pisang pada tubuh. Walapun dengan konsumsi pisang juga akan membantu perawatan dari dalam, akan tetapi penggunaan melalui metode eksternal adalah hal yang bisa digunakan untuk kesehatan dan perawatan kulit.

  • Aman Dikonsumsi oleh Penderita Diabetes

Buah pisang adalah buah yang mengandung glukosa alami. Pada penderita diabetes buah pisang merupakan buah yang dapat dikonsumsi dan aman. Karena kandungan alaminya yang dapat menggantikan fungsi gula. Fungsi glukosa sangat diperlukan oleh tubuh untuk merubahnya menjadi energi.

  • Mencegah Alergi

Buah pisang adalah buah yang dapat digunakan untuk mencegah terjadinya alergi. Dalam sejumlah penelitian ditemukan kandungan dalam buah pisang yang dapat mencegah terjadinya alergi pada tubuh. Kandungan ini biasa disebut asam amino jinak. Kandungan inilah yang dipercaya dapat mengurangi atau bahkan mencegah alergi.

  • Mencegah Insomnia

Buah pisang mengandung tryptophanyang yang dapat memicu hormon melatonin pada tubuh. Hormon melatonin adalah hormon yang dapat menyebabkan rasa kantuk. Dengan konsumsi buah pisang sebelum tidur akan membantu tidur lebih nyenyak. Bahan pendamping untuk penggunaan pisang agar membuat tidur lebih nyenyak adalah susu. Penggunaannya adalah dengan mengahangatkan air susu dan memasukkan buah pisang yang sudah dipotong-potong tipis kedalam cairan susu tersebut. Konsumsi beberapa jam sebelum Anda tidur, kombinasi ini dipercaya dan terbukti akan membantu tidur anda lebih nyenyak.

  • Berfungsi sebagai Pelembab Alami

Masih seputar kesehatan kulit, kandungan vitamin A pada buah pisang ternyata dapat mengembalikan kelembaban kulit yang akan mengembalikan sel kulit mati dan memperbaiki kulit kering dan kusam.

  • Mengobati Kutil dan Psoriasis

Buah pisang juga bermanfaat mengobati kulit yang terdapat kutil. Akan tetapi kali ini bukan buah pisang yang akan berguna untuk menyembuhkan kutil, akan tetapi kulit pisang. Dengan menggosokan kulit pisang pada kulit yang timbul kutil secara teratur. Maka akan membuat kutil tersebut mengering dan mengelupas.

  • Mengatasi Jerawat

Kulit pisang dapat juga digunakan sebagai buah yang mampu mengatasi jerawat. Dengan penggunaannya melalui cara eksternal dalam pengaplikasiannya buah pisang dapat digunakan sebagai obat untuk menyebuhkan dan mencegah jerawat.

  • Mengatasi Gatal pada kulit

Buah pisang juga dapat digunakan sebagai bahan yang dapat mengatasi rasa gatal pada kulit. Akan tetapi untuk mengatasi rasa gatal adalah kita akan menggunakan kulit pisang. Yaitu dengan cara menggosokkan kepermukaan kulit yang gatal.

  • Berfungsi Sebagai Anti Penuaan

Buah pisang juga berfungsi sebagai buah yang dapat mencegah penuaan dini. Dengan menggunakan buah pisang sebagai masker wajah maka akan mencegah kulit keriput dan mencegah terjadinya penuaan pada kulit wajah. Untuk mendapatkan khasiatnya buah pisang akan digunakan sebagai masker untuk wajah.

Baca Juga  Makanan Wajib Untuk Ibu Menyusui

Begitu banyaknya manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh, tidak hanya menjaga dan memberikan manfaat bagi tubuh melainkan juga membantu menjaga kesehatan dari luar. Tidak hanya dengan konsumsi melainkan penggunaan secara eksternal juga dapat memberikan manfaat. Bahkan bukan saja buahnya akan tetapi kulit pisang juga banyak meberikan manfaat. Jadi tunggu apalagi, apakah kita masih ragu untuk mengkonsusmi pisang. baca juga Tips agar Berat Badan Turun 10kg Dengan Cepat