Cara Merawat Rambut Kering dan Mengembang Secara Alami – Rambut kering merupakan masalah yang serius bagi wanita, rambut kering biasanya akan membuat efek rambut kusut dan mengembang. Banyak dari kaum hawa tidak menyadari hal-hal yang mengakibatkan kerusakan pada rambut sehingga bisa mengakibatkan rambut kering dan mengembang.

Salah satu penyebab yang paling sering adalah dengan menggunakan mesin pengering rambut yang terlalu sering dapat membuat rambut kita menjadi kering. Terpapar sinar matahari juga bisa menyebabkan rambut kita menjadi kering.

Struktur rambut terdiri dari lapisan luar rambut yang disebut kutikula yang bertugas melindungi lapisan setiap helai rambut. Lapisan kutikila inilah yang membuat kilau rambut pada rambut dan tampak memantulkan cahaya. Akan tetapi apabila rambut kita tidak sehat maka lapisan ini akan memudar dan cenderung kusam. Sedangkan lapisan pada rambut terdiri dari 6-8 lapisan yang sangat tipis dan hampir tidak terlihat. Pada lapisan yang disebut dengan lapisan lipid pada rambut berfungsi sebagai lapisan yang dapat menyimpan air dan berfungsi sebagai pelembab rambut. Lapisan yang mengadung asam lemak inilah yang membuat rambut halus dan lembut.

Proses-proses kimia yang sering kita jalani inilah yang dapat merusak lapisan natural pada rambut seperti proses pelurusan rambut, kriting rambut dan masih banyak lagi proses kimiawi yang dapat merusak rambut kita. Disini fungsi kortek adalah melindungi rambut pada lapisan pertama, korteks mempunyai tugas paling berat untuk melindungi rambut dari ancaman dan proses kimiawi yang terjadi pada rambut. Walaupun korteks mempunyai kekuatan yang luar biasa hampir menyerupai kekuatan baja, namun koretekes juga bisa mengalami kerusakan. Kerusakan dari korteks adalah dari pemanas rambut atau cathok rambut, dengan panas yang tinggi dan secara terus menerus juga dapat merusak korteks dan menyebabkan lapisan kutikula menjadi rusak.

Pernah kah kita berpikir bahwa hal-hal yang kita lakukan guna memperindah rambut kita dapat merusak rambut kita, tanpa diimbangi dengan bahan dan cara perawatan yang benar hal ini akan memperburuk kondisi rambut kita. Beberapa kebiasaan ringan yang harus diperhatikan untuk menghindari agar rambut tidak rusak adalah

  • Menyisir Rambut Saat Basah

Kebiasaan ini sering dilakukan oleh banyak kaum hawa. Menyisir rambut pada saat basah, menyisir rambut saat basah memang membuat rambut bisa ditata, akan tetapi hal ini bisa merusak rambut. Pada saat rambut basah maka kecenderungan menyisir pada rambut akan semakin keras dan berat. Hal ini dapat menyebabkan rambut rontok.

  • Menyisir dari Akar ke Ujung

Kebiasaan ini juga dapat menyebabkan rambut rontok, pada saat kita menyisir rambut dari akar sampai dengan ke ujung, rambut akan tertarik dengan keras dan menyebabkan kerontokan. Oleh Karena itu sebaiknya kita menyisir rambut dari tengah ke ujung, setelah rapi baru kita mencoba menyisir rambur dari atas (beberapa cm dari akar rambut ) sampai kebagian tengah rambut.

  • Salah Memilih Sisir

Sisir yang kita gunakan sehari-hari ternyata juga bisa mengakibatkan rambut kita menjadi rusak. Banyak varian sisir tentunya seperti yang kita ketahui beredar dipasaran. Ada yang mempunyai bentuk kecil memanjang dan ada juga yang mempunyai irisan sangat ketat. Gunakan jenis sisir rambut yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk kebutuhan sehari -hari gunakan sisir dengan pengiris rambut yang jarang agar tidak merusak rambut.

  • Terlalu Sering Menyisir

Tanpa kita sadari kita sering melakukan penyisiran terhadap rambut, kita cenderung menggunakan sisir untuk menyisir rambut kita tatkala kita merasa rambut kita beratakan. Kebiasaan ini ternyata dapat merusak rambut kita. Dengan sering menyisir pada rambut kita yang terlihat kurang rapi maka kecenderungan menarik rambut kita akan lebih sering, hal ini dapat mengakibatkan rambut menjadi rontok. Gunakan jari-jari Anda sebagai pengganti sisir untuk merapikan apabila anda sering merapikan rambut Anda.

  • Sisir Berbahan Plastik

Menggunakan sisir berbahan plastik murni ternyata juga dapat merusak rambut kita. Gesekan secara teratur pada sisir dengan rambut akan membangkitkan listrik statis. Listrik statis akan merusak lapisan pada rambut dan akan menjadikan rambut kita tampak kering dan kusut. Hal ini dapat terjadi apabila berlangsung dalam kurun waktu yang lama.

  • Memakai Sisir Kotor

Bersihkan sisir secara teratur, dengan menggunakan sisir yang kotor akan membuat kotoran pada sisir melekat pada rambut dan mengendap pada pangkal rambut. Coba bersihkan sisir yang sudah terlihat kotor di ruas untuk rambut dan disela-selanya. Alangkah lebih baik jika mempunyai lebih dari satu sisir Karena selain untuk mencegah terjadinya penumpukan kotoran pada sisir penggunaan sisir lebih dari satu dengan jenis dan fungsi berbeda juga dapat mencegah penggunaan sisir yang kurang tepat dan mengendapnya kotoran pada sisir Karena terlalu seringnya digunakan.

  • Cara yang Salah Mengeringkan Rambut

Cara yang salah dalam mengeringkan rambut yang sering kita lakukan adalah dengan menggosok rambut kita dengan handuk. Tentu saja hal ini akan dapat merusak rambut kita. Dengan gesekan-gesekan rambut yang sangat sering dan keras akan mengakibatkan partikel dan lapisan terluar rambut atau kutikula mengalami kerusakan. Hal inilah yang akan mengakibatkan kerontokan dan kerusakan pada rambut kita, rambut kita cenderung kusut dan kering sehingga tampak mengembang.

  • Terkena Sinar Matahari Terlalu Lama

Terkena sinar ultraviolet dengan jangka waktu yang lama dan terlalu sering akan merusak rambut kita. Matahari mengandung ultra violet yang sangat tinggi, tak jarang kita sering mencium bau hangus pada rambut kita apabila rambut kita terkena sinar matahari terlalu lama. Hal itu dikarenakan sinar ultraviolet yang terkandung di Matahari secara ekstrim membakar lapisan luar rambut kita, bahkan apabila kita menyentuh rambut kita maka akan terasa panas sekali. Hindarilah terpapar sinar matahari dalam jangka waktu yang lama dan frekuensi yang sering. Gunakan payung atau kerudung sebagai penutup rambut apabila akan melakukan aktivitas yang secara langsung terkena sinar matahari. Bagi kaum hawa yang beragama islam maka mengenakan hijab adalah salah satu cara terhindar dari matahari dan sekaligus mendapatkan pahala.

  • Penggunaan Mesin Pengering Rambut

Kesalahan yang juga sering dilakukan oleh kaum hawa dalam mengeringkan rambutnya adalah dengan menggunakan Hairdryer. Mesin pengering rambut ini akan mengeluarkan hawa panas yang ditimbulkan dari elemen panas yang berasal dari kumparan listrik pada mesin dan ditiup oleh kipas kecil pada sisi belakang mesin, sehingga meniupkan hawa panas. Hawa panas tersebut yang mengenai lapisan kutikula rambut akan langsung diterpa hawa panas ekstrim dalam waktu yang sangat cepat hal ini akan dapat merusak lapisan luar dan selanjutnya dengan frekuensi dan waktu tertentu akan merusak lapisan pada rambut yang mengakibatkan hilangnya kelembaban pada rambut. Seperti kita ketahui salah satu fungsi lapisan terdalam rambut yang disebut lipid adalah memberikan kelembaban pada rambut dengan menahan kandungan air pada rambut.

  • Kesalahan memilih Shampoo Rambut

Memilih shampoo atau bahan pencuci rambut yang cocok adalah hal yang juga terkadang menjadi sebuah dilema bagi kaum hawa. Bagaimana tidak kita harus mencobanya untuk beberapa saat untuk mengetahui apakah bahan itu cocok bagi kita. Sedangkan rambut kita juga tidak bisa gunakan sebagai percobaan terus menerus Karena begitu mengalami kerusakan maka akan sulit untuk merawatnya kembali. Disarankan untuk memilih kandungan pada shampoo yang mengandung kandungan alami lebih banyak sehingga dapat mengurangi resiko kerusakan pada rambut. Karena bahan kimia pada bahan pencuci rambut atau shampoo secara langsung akan dapat merusak rambut apabila digunakan dalam waktu yang cukup lama.

  • Menguncir Rambut

Mengucir rambut hal yang sering dilakukan oleh kaum wanita dengan tujuan agar rambut terlihat rapih dan bahkan secara estetika juga untuk mempercantik diri. Akan tetapi dengan metode yang salah mengucir rambut juga rawan terhadap kerontokan dan rambut patah. Cobalah hindari penggunaan sisir dengan serat tipis dan menarik rambut untuk selanjutnya di simpul dan di kuncir. Hal ini dapat mengakibatkan secara tidak langsung menarik rambut dengan paksa dan akan dapat mengakibatkan kerontokan. Gunakan tangan untuk menguncir rambut Anda untuk menghindari kerusakan.

  • Menggunakan Pewarna Rambut

Menggunakan pewarna rambut memang akan membuat rambut lebih indah dan mempercantik penampilan kita, namun menggunakan sembarang pewarna rambut bisa merusak rambut Anda Karena kandungan bahan kimia didalammnya. Seperti kita ketahui bahan pewarna pada pewarna rambut mempunyai bahan yang melekat pada pori rambut agar dapat bertahan lama. Maka dari itu pilihlah pewarna rambut yang sekaligus mengandung vitamin atau bahan bahan alami didalamnya. Cobalah melakukan riset dan banyak berkonsultasi kepada ahli-ahli kecantikan mengenai hal ini.

  • Jarang Minum Air Putih

Ternyata kekurangan minum tidak hanya mengakibatkan dehidrasi pada tubuh tapi juga dapat mengakibatkan dehidrasi pada rambut. Asupan air pada rambut bukan berasal dari luar. Sering kita berpikir bahwa dengan mandi dan membasahi rambut akan memberi tambahan air bagi rambut kita. Padahal rambut kita membutuhkan asupan air berasal dari dalam tubuh kita. Sel-sel akar rambut akan menyerap air dan kemudian disebarkan pada lapisan rambut yang disebut lipid. Maka dari itu seringlah minum air dan jangan sampai kekurangan. Sesuai aturan umum bahwa kita perlu asupan air sebanyak 2,2 liter untuk wanita dewasa atau 9 gelas setiap harinya dan 3 liter untuk pria dewasa atau sebanyak 22 gelas setiap harinya, tentu saja angka tersebut adalah asumsi jumlah minimal namun apabila kita beraktivitas tinggi dan memerlukan banyak air maka patokan tadi mungkin tidak berlaku lagi Karena kita memerlukan air asupan yang lebih banyak tentunya.

  • Kurangnya Asupan Nutrisi

Selain menghindari aktivitas dan kebiasaan yang dapat merusak rambut hal yang tidak kalah pentingnya dari kekurangan asupan air adalah kekurangan nutrisi pada tubuh. Dengan kekurangan nutrisi juga akan mengakibatkan asupan pada nutrisi yang dibutuhkan rambut jauh berkurang dan akan mengakibatkan rambut tidak sehat. Cobalah untuk mengkonsumsi makan yang banyak bermanfaat bagi rambut. Cobalah mengkonsumsinya secara teratur dan berkala. Anda bisa melakukannya dengan mengganti variasi jenis makanan tersebut agar tidak bosan. Pentingnya mengkonsumsi nutrisi adalah sebagai penyuplai dari dalam melalui akar rambut terhadap vitamin, mineral, lemak nabati dan beberapa kandungan alami lainnya yang diperlukan oleh rambut.

Baca Juga  Tips Merawat Rambut Ikal Menjadi Lurus Secara Alami

Demikianlah beberapa kebiasaan-kebiasaan yang sering tidak kita sadari dapat memicu kerusakan pada rambut kita. Berhati-hatilah pada semua hal yang dapat merusak rambut kita Karena rambut adalah mahkota bagi kaum wanita dan anugerah dari tuhan untuk kita jaga. baca juga 10 Tips Cara Merawat Rambut Rusak