10 Tips Merawat Wajah Kusam dan gelap Secara Alami – Kulit pada wajah adalah hal sensitive yang berpengaruh pada kepercayaan diri baik pria maupun wanita. Memiliki wajah yang kusam dan gelap akan membuat kepercayaan diri kita berkurang. Bagi kaum hawa merawat wajah adalah kegiatan sehari-hari yang penting untuk dilakukan, selain sudah menjadi hal yang melekat pada kebutuhan soal kecantikan yang menjadi bagian dari kebutuhan kaum hawa, merawat kulit dan kulit wajah adalah sebuah usaha untuk menjaga agar kulit tetap halus dan segar.

Bagi kaum pria mungkin merawat wajah tidak mendesak seperti kebutuhan kaum hawa, akan tetapi seharusnya merawat wajah merupakan hal yang juga perlu diperhatikan. Selain menjaga dari penyakit kulit pada wajah, merawat dan membersihkan wajah adalah nilai estetika yang sudah seyogyanya dilakukan oleh semua orang baik pria maupun wanita. Memang tuntutan pada pria tidak akan seperti yang dibutuhkan dan dituntut seperti wanita dalam merawat kulit wajah, tetapi menjaga dan merawat sudah menjadi sebuah keharusan sebagai wujud bersyukur kita kepada Sang Pencipta.

Kulit mempunyai anatomi yang unik pada kulit wajah kita. Sebuah mega karya dari Tuhan yang sudah seharusnyalah kita rawat dan kita jaga. Kesalahan dalam melakukan perawatan dengan menggunakan obat-obatan kosmetik pada wajah juga akan berakibat fatal bagi organ tubuh yang lainnya. Karena sel kulit pada wajah kita mempunyai jaringan syaraf halus yang akan secara langsung mengirimkan stimulan ke jaringan sel anggota tubuh yang lainnya. Sebuah anggapan yang kurang tepat apabila kita beranggapan wajah jauh dari bahaya Karena jauh juga dari organ-organ tubuh yang vital. Anggapan kuno seperti inilah yang sudah seharusnya kita luruskan.

  • Mengenal Lapisan pada Kulit

Marilah kita kupas sedikit tentang rahasia anatomi pada kulit wajah kita sebelum kita jauh mengupas trik apa yang bisa kita lakukan agar menjaga kecerahan kulit wajah dari bahan-bahan alami disekitar kita. Pada lapisan terluar kulit kita yang disebut dengan epidermis lapisan terluar pada kulit kita inilah yang tampak dari luar. Ketahuilah, pada lapisan epidermis pada kulit akan mengalami kehilangan sel setiap harinya sekitar 250gr dan akan dilakukan pembaharuan sel selama kurang lebih 14-26 hari. Proses ini akan dibagi menjadi dua bagian yaitu proses pembelahan sel kulit untuk sel kulit yang baru dan proses diferensiasi (pematangan) selama 14 hari serta proses terakhir adalah pelepasan sel kulit selama 14 hari.

Pada lapisan terluar kulit atau epidermis tersusun dari dua lapisan kulit yaitu stratum corneum adalah lapisan paling atas dan stratum germinatum adalah lapisan paling bawah. Dibawah dari lapisan epidermis terdapat lapisan dermis. Pada lapisan bawah pada kulit inilah yang akan menghasilkan nutrisi untuk membantu proses peremajaan pada sel kulit yang mati pada epidermis. Pada lapisan bawah kulit inilah terdapat fibroblast yang akan memproduksi kolagen dan elastin untuk menggantikan sel yang telah rusak dan mati pada lapisan atas kulit atau epidermis. Terdapat dua lapisan pada lapisan dermis yaitu lapisan kelenjar minyak dan serat elastin dan kolagen.

Baca Juga  5 Bahan Alami Ini Mampu Mengatasi Jerawat Di Kulit Kepala Dengan Cepat

Lapisan berikutnya adalah lapisan hypodermis lapisan pada kulit yang memiliki lapisan lemak atau jaringan ikat pada kulit yang juga merupakan rumah untuk kelejar keringat dan sel-sel kolagen. Pada hypodermis juga terdapat tempat untuk akar rambut pada kulit. Lapisan ini juga dikenal dengan jaringan subkutis atau subkutan.

  • Kenali Hal Penyebab Kulit Wajah Kusam

Setelah mengenal sedikit tentang lapisan yang ada pada kulit kita, hal yang juga harus diperhatikan adalah dengan mengenali hal-hal yang mengakibatkan kulit wajah kita menjadi kusam. Seperti yang kita ketahui pada sel kulit kita akan melakukan regenerasi terhadap sel kulit yang mati. Secara alami proses ini akan berlangsung. Namun seiring bertambahnya usia proses dari pembentukan sel ini juga akan menurun dan ada beberapa hal yang akan menghambat proses alamiah dari kulit untuk melakukan proses pembentukan sel-sel baru. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan:

  • Faktor Genetik (Ketururnan)

Pada factor ini adalah sebuah penyebab yang diakibatkan dari keturunan orang tua atau keluarga kita. Sebagai contoh apabila kita mempunyai orang tua yang salah satu diantara mereka mempunyai jenis kulit tertentu atau warna pigmen kulit tertentu maka secara otomatis hal itu akan terbawa pada kita. Demikian juga dengan kebiasaan yang terjadi secara alamiah yang berbeda pada setiap individu terhadap proses pembetukan sel pada kulit, yang akan juga terbawa pada kita sebagai keturunannya.

  • Pola Hidup

Penyebab yang kedua adalah pola hidup. Pola hidup yang kurang sehat jelas akan berpengaruh terhadap kulit kita dalam melakukan regenerasi atau pertumbuhan terhadap sel. Seperti contohnya pola hidup yang kurang bersih, jarang berolah raga dan mandi tidak teratur dan lain sebagaianya.

  • Pola Makan

Dengan pola makan yang tidak sehat akan sangat berpengaruh bagi kesehatan kulit kita. Makan makanan yang banyak mengandung lemak dan kurang nutrisi akan secara langsung berpengaruh terhadap kulit kita. Karena asupan vitamin, nutrisi yang dibutuhkan oleh kita akan berkurang dan kulit kita cenderung menerima asupan yang kurang dibutuhkan oleh kulit bahkan cenderung akan merusak sel yang ada pada kulit.

  • Faktor Lingkungan

Tempat bekerja atau tempat tinggal kita juga akan menjadi pengaruh yang akan menentukan dalam kesehatan kita. Misalkan kita sering bekerja ditempat yang berdebu dan tempat yang panas atau lapangan. Akan secara langsung memberi efek yang kurang baik bagi kesehatan kulit. Cobalah untuk menjaga kulit dengan menggunakan pelindung seperti memakai topi, buff atau masker dan juga rajin membersihkan kulit wajah secara tertur.

  • Penggunaan Kosmetik

Salah memlih produk kosmetik juga akan berbahaya bagi kesehatan kulit. Berhati-hatilah dalam memilih produk kecantikan dikarenakan akan mempunyai efek langsung pada kulit Anda. Lakukanlah konsultasi pada dokter kulit kosmetik yang seperti apa yang bisa dan cocok Anda gunakan.

  • Konsumsi Air Putih yang Kurang

Kurangnya mengkonsumsi air putih juga akan membuat kulit kita tampak tidak sehat dan kering. Seperti kita ketahui pada lapisan kulit mempunyai saraf yang banyak terhubung pada anggota tubuh lainnya salah satunya adalah saraf yang berfungsi untuk mengambil supply air pada lapisan kulit. Maka dari itu penuhilah kebutuhan minum kita setiap harinya.

Baca Juga  10 Tips Memutihkan Wajah Secara Alami Dalam 5 Hari

Beberapa faktor tersebut adalah faktor yang banyak mempengaruhi kesehatan kulit wajah kita, nah untuk mengantisipasi dan menjaga agar kulit wajah kita tampak lebih cerah dan tidak kusam. Ada beberapa hal yang dapat kita coba untuk lakukan. Beberapa hal tersebut adalah:

  • Perbanyak Minum Air Putih

Mengkonsumsi sesuai dengan kebutuhan tubuh kita adalah salah satu cara untuk mencegah kusam pada wajah. International Marathon Medical Director Association menyarankan agar kita minum air putih sesuai dengan berat badan kita. Yang artinya konsumsilah air putih 0.03 liter dari berat badan kita. Jadi sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih yang tidak berlebih untuk kebutuhan kita.

  • Membersihkan Wajah dan Tubuh Secara Teratur

Bersihkanlah tubuh kita secara teratur, bilas wajah kita setelah bepergian atau mandi secara teratur. Bagi Anda yang beragama islam tentunya wudhu pada saat sebelum dijalankannya sholat lima waktu merupakan hal yang positif. Selain menjalankan perintah agama dengan membasuh muka pada saat wudhu akan juga membantu menjaga kebersihan wajah Anda.

  • Gunakan Krim pelembab Kulit

Menggunakan pelembab kulit juga akan membantu Anda dalam menjaga kecerahan kulit wajah. Akan tetapi selektiflah dalam memilih kelembaban kulit wajah terkadang pelembab kulit juga mengandung bahan yang tidak sesuai dengan semua jenis kulit wajah. Mintalah petunjuk dokter terlebih dahulu untuk membantu menentukan bahan atau jenis kosmetik yang sesuai dengan wajah Anda.

  • Hindari Begadang

Begadang dapat mengakibatkan kulit wajah kita kusam. Karena dengan begadang akan mengganggu proses metabolisme kulit dalam proses pembentukan sel pada lapisan kulit dermis. Proses yang biasa disebut dengan mitosis ini akan berlangsung pada pukul 24-04 pagi. Sehingga disarankan pada waktu tersebut kondisi tubuh dalam keadaan beristirahat.

  • Kurangi Stres

Mengurangi tingkat stress yang tinggi akan membantu mencerahkan dan menghindari kekusaman pada wajah Anda, cobalah melakukan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan seperti olah raga pagi, berjalan-jalan dengan keluarga dan lain sebagainya yang membantu keluar dari kesibukan dan rutinitas sehari-hari. Stres menyebabkan kulit anda memproduksi hormon kortisol berlebih dan menyebabkan kelenjar sebaceous memproduksi kelenjar minyak berlebih pada kulit Anda. Maka dari itu hindarilah stress yang terlalu berlebihan.

  • Olah Raga Secara Teratur

Luangkan waktu Anda untuk berolah raga secara teratur. Lakukan olah raga ringan setiap harinya. Atau aktivitas yang merangsang kelenjar keringat pada tubuh dan wajah Anda. Selain baik untuk kesehatan dengan berolah raga juga dapat mengurangi stress dan merangsang kelenjar keringat memproduksi keringat yang akan membantu kulit meremajakan sel-sel yang mati secara sempurna.

  • Pola makan Sehat

Mulailah dengan pola makan sehat hindari pola makan yang tidak sehat, seperti memakan makanan berlemak, makanan berminyak secara berlebihan dan makan makanan siap saji yang sekarang sudah menjadi tren. Cobalah untuk banyak mengkonsumis buah-buahan, makanan yang mempunyai cukup nutrisi pada kulit seperti makanan yang mengandung banyak vitamin E. mulailah untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan kurangi makanan yang kurang sehat.

  • Menggunakan Lotion Pelembab Sebelum Tidur

Menggunakan lotion pelembab sebelum tidur akan sangat membantu proses mitosis pada kulit wajah Anda, proses mitosis yang biasanya berlangsung pada pukul 12 dini hari sampai dengan pukul 04 pagi akan membantu memberi nutrisi pada proses ini. Proses mitosis adalah proses dimana sel-sel kulit yang mati akan di produksi oleh sel basal yang terdapat pada lapisan epidermis.

  • Masker Putih Telur

Cara alami yang satu ini juga akan membantu dalam menghindari wajah kusam. Gunakan putih telur sebagai masker pada wajah Anda. Caranya cukup mudah dengan memisahkan putih telur dengan kuningnya untuk selanjutnya Anda gunakan bagian putihnya sebagai masker wajah. Oleskan pada wajah Anda dan bilas setelah Anda diamkan beberapa saat. Lakukan hal ini secara rutin sebelum tidur.

  • Es Batu

Cara yang terakhir adalah menggunakan es batu untuk menyegarkan wajah Anda. Gunakan es batu dengan mengoleskan ke wajah Anda. Usahakan gunakan es batu buatan Anda sendiri yang terbuat dari air bersih. Hindari pembelian es batu balok yang kita belum tahu dengan pasti kebersihan dan tingkat higienisnya.

Baca Juga  Cara Agar Wajah Kulit Lebih Halus dan Bersih

Dari ke sepuluh cara diatas diharapkan akan membantu kita dalam mengurangi dan mencegah kusam pada wajah. Lakukan dengan teratur dan perhatikan hal-hal kecil di sekitar Anda yang dapat mengganggu kesehatan kulit wajah Anda, hal kecil inilah yang terkadang kita lewatkan. baca juga Manfaat Buah Naga Merah dan Putih Untuk Kesehatan