10 Cara Mengatasi Wajah Berminyak Dan Berjerawat – Jerawat merupakan masalah klasik bagi kaum hawa dan mungkin juga kaum pria pada usia remaja. Jerawat bisa membuat kita tidak pede apabila sudah melekat di wajah kita. Benjolan merah ini juga sangat mengganggu apabila muncul ditempat-tempat tertentu seperti ujung hidung, dagu dan bahkan pipi, selain sedikit nyeri jerawat juga menggangu estetika. Apalagi kalau jerawat yang muncul pada muka dengan jumlahnya yang begitu banyak, tentu akan sangat mengganggu dan mengurangi rasa percaya diri.

Jerawat biasa muncul pada jenis kulit berminyak, jenis kulit berminyak memang sering mendapat masalah jerawat. Banyak kosmetik ataupun obat-obat wajah yang menawarkan khasiat menyembuhkan jerawat dengan waktu yang singkat. Akan tetapi perlu diketahui kemunculan jerawat bisa juga diakibatkan Karena kita kurang bersih dan juga faktor pola makan yang kurang benar. Tapi tahukan Anda apa penyebab jerawat? Penting bagi kita untuk tahu timbulnya jerawat di wajah. Agar kita paham dan sekaligus kita dapat melakukan pencegahan terhadap jerawat. Adapun hal-hal yang menjadi penyebab jerawat adalah :

  • Produksi Minyak Berlebih

Salah satu penyebab timbulnya jerawat adalah dengan adanya kondisi kulit wajah yang tidak normal akibat kelebihan kandungan minyak pada wajah, sehingga terjadi penyumbatan pada pori-pori dan rambut kulit. Hal yang lebih banyak terjadi adalah terjadi penyumbatan pori akibat kotoran yang akan dengan mudah akibat berlebihnya produksi minyak pada lapisan kulit bawah.

  • Bakteri

Penyebab jerawat Karena bakteri inilah yang menyebabkan jerawat menjadi serius. Bakteri yang disebut dengan P. Acne ini biasanya ada pada kulit dan cenderung untuk berkembang biak pada kelenjar subaceos sehingga menimbulkan iritasi disekitarnya. Kelenjar tersebut dapat membesar dan bengkak sehingga akan pecah dan mengakibatkan bengkak pada kulit wajah dan menimbulkan nyeri. Hal inilah yang biasanya menyebabkan jerawat batu.

  • Sel-Sel Kulit Mati

Selain terjadinya produksi minyak berlebih dan bakteri, jerawat juga bisa timbul dari adanya sel-sel kulit mati. Sel kulit mati yang bercampur dengan kotoran dan minyak pada kulit yang dihasilkan oleh hormon androgen. Ketiga material dalam kulit tadi bercampur dan masuk kedalam pori-pori sehingga menyumbat kulit dan timbul jerawat.

  • Faktor Hormon

Faktor hormon juga menjadi pemicu penyebab terjadinya jerawat pada wajah. Hormon mempunyai factor yang sangat dominan dalam penyebab terjadinya jerawat. Umumnya terjadi pada remaja pada usia 10-15 tahun dan kemudian berangsur-angsur menghilang sampai usia 25 tahun keatas. Akan tetapi adapula remaja yang mempunyai hormon berlebih sehingga jerawat akan muncul dengan jumlah banyak sehingga mengganggu dan membuat tidak percaya diri. Pada wanita, mendekati waktu menstruasi juga dapat mengakibatkan terjadinya jerawat Karena disebabkannya hormon.

  • Kurang Menjaga Kebersihan Rambut

Kurangnya menjaga kebersihan rambut juga bisa menjadi penyebab terjadinya jerawat. Banyak yang bertanya sebenarnya apa sih hubungannya rambut dengan jerawat. Sebenarnya kedua hal ini bisa berkaitan. Ketika rambut jarang untuk dibersihkan dan sering kotor, maka akan memicu kulit kepala memproduksi minyak secara berlebih dan cenderung akan bercampur dengan kotoran. Kotoran yang bercampur minyak inilah yang akan masuk kedalam sel kulit dan mencoba untuk keluar lewat pori pada wajah atau kulit Anda. Sehingga minyak penyebab kotoran tadi akan menyumbat pori dan timbul pembengkakan pada kulit sehingga meradang. Dan biasanya kita sebut dengan jerawat.

  • Minuman Bersoda

Terlalu sering mengkonsumsi minuman bersoda juga bisa mengakibatkan timbulnya jerawat. Selain tidak baik untuk tubuh ternyata soda juga mengandung aspartame, yaitu salah satu zat yang dapat memicu timbulnya jerawat. Selain itu minuman bersoda juga dapat menurunkan PH kulit sehingga menyebabkan jerawat yang cukup membandel.

  • Adanya Friksi atau Tekanan pada Kulit

Pada saat kita menekan benda seperti ponsel yang kita tempelkan pada pipi saat menerima telpon, sapu tangan atau apapun yang dapat menekan dan gesekan yang cukup sering dengan kulit wajah, bisa mengakibatkan jerawat. Tanpa kita sadari kotoran atau bakteri pada benda yang secara tidak sengaja melakukan gesekan atau menekan kulit kita akan menimbulkan berpindahnya kotoran pada kulit dan menyumbat pori-pori sehingga bisa mengakibatkan jerawat.

  • Alergi Terhadap Makanan

Alergi terhadap makanan juga dapat mengakibatkan jerawat. Secara umum tidak ada larangan dan makan yang khusus mengakibatkan sebuah jerawat. Akan tetapi sesuai dengan kondisi tubuh manusia bahwa jerawat juga bisa di picu oleh makanan. Makanan yang dapat memicu hormon dan mengandung kandungan yang dapat memicu jerawat dapat mengakibatkan tumbuhnya jerawat. Oleh Karena itu pelajarilah diri Anda terhadap makanan yang dapat mengakibatkan timbulnya jerawat.

Baca Juga  Konsumsi 5 Makanan Ini Untuk Mencegah Munculnya Jerawat

Itulah beberapa hal yang dapat mengakibatkan kulit kita timbul jerawat. Dari kedelapan penyebab masih banyak hal-hal yang dapat menyebabkan jerawat. Pelajarilah dari beberapa faktor diatas yang mungkin sesuai dengan kondisi tubuh dan kulit Anda.

Untuk mencegah timbulnya jerawat dan kontrol kulit wajah agar tidak mengeluarkan minyak berlebih tentunya dapat juga kita lakukan. Cara alami merupakan cara yang lebih efektif untuk menekan tumbuhnya jerawat pada kulit wajah. Walau memang menggunakan bahan alami akan sedikit repot dibandingkan kita menggunakan obat-obatan anti jerawat modern. Bahan-bahan alami yang dapat kita gunakan untuk mengatasi jerawat dan wajah berminyak adalah

  • Mentimun

Mentimun mempunyai khasiat untuk mengurangi kandungan minyak pada wajah Anda. Kandungan yang ada pada mentimun akan mengontrol minyak pada wajah Anda. Kandungan air yang cukup tinggi pada mentimun dan astringent yang menyebabkan berkurangnya hormon penghasil minyak berkurang.

Gunakan mentimun pada wajah dengan mengirisnya tipis-tipis dan tempelkan pada wajah. Diamkan beberapa menit agar kandungan yang ada pada mentimun dapat diserap kulit wajah, setelah itu bilas dengan air bersih. Mentimun juga bisa digunakan untuk masker wajah agar hasil lebih maksimal. Caranya dengan menghaluskan mentimun dan mengoleskan secara merata pada wajah, diamkan sampai sekitar 20 menit dan bilas dengan air bersih.

  • Tanah Liat

Sekilas kita akan sedikit heran kenapa tanah liat dapat juga membantu mengurangi minyak kulit diwajah kita. Ternyata tanah liat dapat menyerap minyak berlebih pada wajah Anda, gunakan jenis tanah yang berwarna putih. Caranya dengan mencampur tanah liat dengan air sampai menjadi seperti pasta. Tambahkan perasan jeruk nipis agar lebih maksimal. Oleskan pada muka Anda, biarkan sampai tanah liat menjadi sedikit kering pada muka Anda lalu bilas dengan air sampai bersih.

  • Jeruk Nipis

Seperti kita ketahui kandungan yang ada pada jeruk nipis mengandung jumlah vitamin C yang cukup banyak. Kandungan vitamin C pada jeruk inilah yang membuat jeruk dapat menyerap lemak berlebih pada wajah. Caranya mudah cukup peras jeruk nipis pada sebuah cawan dan gunakan kapas untuk membantu meratakan pada wajah Anda. Diamkan beberapa saat agar kandungan pada jeruk meresap. Setelah selesai bilas dengan air hingga bersih. Lakukan dengan rutin dan berkala agar mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Air Mawar

Dalam dunia kecantikan tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita dengan bunga mawar. Akan tetapi yang akan kita gunakan adalah air mawar. Air mawar ini dapat mencerahkan kulit sekaligus mengontrol minyak berlebih pada wajah. Cukup mencampurkan air mawar dengan air dan gunakan untuk mencuci muka. Lakukan setiap hari sebagai campuran untuk cuci muka Anda.

  • Seledri

Kandungan pada seledri adalah L-tryptophan yang bermanfaat untuk antioksidan alami dalam tubuh. Kandungan vitamin A, B1, B2 dan juga vitamin C sangat bermanfaat untuk membantu mengurangi kandungan minyak pada wajah. Senyawa 3n-butilphalida pada sledri juga bermanfaat mencegah timbulnya jerawat.

Baca Juga  10 Tips Memutihkan Wajah Secara Alami Dalam 5 Hari

Caranya dengan memotong sledri kemudian merebusnya dengan air sampai mendidih sekitar 15 menit. Dinginkan untuk kemudian digunakan sebagai pembasuh wajah. Diamkan agar air meresap pada wajah, terakhir bilas dengan air sampai bersih.

  • Madu

Madu juga sudah dikenal mempunyai banyak manfaat bagi tubuh termasuk dapat digunakan untuk kesehatan kulit wajah. Banyak produk kosmetik yang menggunakan kandungan madu atau ekstrak madu pada produk kecantikannya, Karena madu dipercaya dapat membantu menghaluskan kulit wajah dan mengurangi kadar minyak berlebih sehingga membuat wajah tampak lebih cerah. Gunakan madu dengan mengoleskan pada wajah Anda dan bilas setelah beberapa menit.

  • Putih Telur

Putih telur juga mengandung banyak manfaat bagi wajah kita. Memang menggunakan putih telur akan sedikit merepotkan dan jarang ada kaum hawa yang menyukai cara ini, disamping bau amis yang ada padanya, melakukan perawatan dengan putih telur juga memerlukan ketelatenan. Dengan mengoleskan putih telur merata keseluruh bagian wajah dan mendiamkannya selama beberapa menit setelah itu bilas dengan sabun sampai bersih..

  • Jaga Kebersihan Wajah

Dari sekian bahan yang digunakan, trik kali ini adalah trik yang juga tidak kalah penting untuk dilakukan. Dengan menjaga kebersihan pada wajah Anda juga akan sangat membantu mengontrol minyak dan mencegah jerawat pada wajah Anda. Rajin mencuci muka dengan air biasa adalah salah satu usaha menjaga kesehatan wajah Anda. Bagi yang beragama Islam melakukan ibadah sholat lima waktu adalah salah satu cara menjaga kebersihan wajah Karena sebelum melakukan sholat diwajibkan untuk berwudhu yang salah satunya adalah dengan membasuh muka.

  • Produk Kecantikan yang Sesuai

Pilihlah produk kecantikan muka yang sesuai dengan kriteria kulit yang Anda miliki. Jangan tergiur pada iklan dan ajakan teman. Karena belum tentu kulit teman Anda sama dengan kulit Anda walaupun terkadang jenis kulitnya sama. Tingkat alergi atau efektifitas pada kulit sangat berbeda-beda. Baca kompisisi yang ada pada bagian kemasan kosmetik atau berkonsultasi pada dokter kulit adalah cara yang terbaik untuk mencegah hal yang buruk.

  • Cukup Asupan Air Putih

Asupan air yang cukup rupanya tidak hanya berlaku untuk tumbuhan, manusia juga sangat memerlukan asupan air yang cukup untuk memenuhi kebutuhannya. Dengan konsumsi air yang cukup akan membantu kulit wajah Anda tampak lebih segar dan cerah sehingga terhindar dari kulit yang kusam dan kering.

Baca Juga  10 Buah ini Dapat Menghilangkan Jerawat Anda dengan Cepat

Mengkonsumsi air sebanyak 8 gelas sehari adalah anjuran dari para peneliti agar dapat memenuhi kebutuhan kita akan air setiap harinya.

Demikianlah beberapa fakta tentang kulit berminyak dan jerawat yang seringkali menjadi hal yang menggangu. Seperti yang disampaikan pada artikel sebelumnya ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk membantu Anda merawat wajah Anda dengan bahan-bahan alami. Lakukan dengan rutin dan sedikit kesabaran. Selamat mencoba! baca juga 10 Tips Merawat Wajah Kusam dan gelap Secara Alami